Naik Kereta Kutoarjo-Solo Gratis, Mau?


Naik Kereta Kutoarjo-Solo Gratisan,

Mau.. Mau..Mau..?

Sebenarnya, cerita ini hanya berawal dari kebiasaan naik kereta jika pulang dari Jakarta menuju Solo dan harus transit di Stasiun Kutoarjo untuk ganti melanjutkan kereta saja. Biasanya, beberapa orang yang bekerja di Jakarta dan pulang-pergi (PP) setiap pekannya ke Solo atau Yogyakarta sering melakukannya.

Sebagaimana yang telah kuceritakan sebelumnya bahwa alternatif menuju Solo dari Jakarta ada berbagai macam cara naik kereta. Salah satunya adalah naik kereta Sawunggalih dari Stasiun Ps. Senen yang berangkat pukul 19.00 WIB. Nah, karena kereta Sawunggalih mengakhiri perjalanannya di Stasiun Kutoarjo, maka bagi penumpang yang hendak ke Solo atau Yogyakarta harus melanjutkan perjalanannya menuju tujuan dengan naik kereta apa saja yang berhenti di Stasiun Kutoarjo dan meneruskan perjalanannya menuju Yogya atau Solo (ex. Kereta Lodaya, Taksaka, Kahuripan, atau Prambanan Ekspress).

Nah, jika anda kebagian naik Kahuripan (Bandung-Kediri), maka anda (kemungkinan besar) bisa sampai di Yogyakarta atau Solo tanpa mengeluarkan duit lagi alias gratis. Demikian yang kualami jika naik Kahuripan dari Kutoarjo di gerbong pertama. Kenapa bisa terjadi? Spesifik dan sejatinya aku tidak tahu kenapa. Namun aku hanya bisa menduga-duga saja bahwa dengan naik Kahuripan dari Kutoarjo menuju Yogya atau Solo secara gratis disebabkan karena petugas kondektur belum memeriksa atau memang tidak memeriksa karcis para penumpang. Dengan demikian karena tidak ada petugas yang memeriksa ya berarti tidak perlu mengeluarkan duit.

Namun, untuk mengantisipasi saja jika suatu saat kok ada petugas yang keliling memeriksa karcis, maka siapkan uang sebesar Rp. 5,000.00 saja. Lalu serahkan uang itu kepada pak kondektur. Selesai. Tapi biasanya jarang atau bahkan tidak pernah barangkali ada petugas yang memeriksa karcis. Setidaknya aku belum pernah bertemu dengan petugas kondekturnya.

Nah, dari pengalaman ini, maka bagi warga Kutoarjo yang hendak pergi ke Solo atawa Yogyakarta dengan cara gratis naik Spoor a.k.a kereta api, maka kusarankan datang ke stasiun Kutoarjo antara pukul 04.30-05.00 WIB karena Kahuripan biasanya sampai di Kutoarjo kisaran jam-jam itu. Tunggulah kedatangan kereta Kahuripan sampai datang dan berhenti di stasiun Kutoarjo! Jika sudah ada, segeralah naik di gerbong! Saranku pilihlah gerbong pertama di belakang lokomotif karena biasanya banyak kawan-kawan seperjuangan di situ.

Biasanya sampai Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, kita harus rela berdiri terlebih dahulu kecuali jika anda pas beruntung dapat kursi kosong. Nah, setelah beranjak dari Lempuyangan, anda akan lebih bisa leluasa untuk duduk karena penumpang Kahuripan biasanya banyak yang turun di Lempuyangan. Sekitar satu jam kemudian, insya Allah anda akan sampai di Solo.

Keuntungan naik Kahuripan dari Kutoarjo ke Solo :

  1. Gratis / Tidak Bayar (kemungkinan besar)
  2. Sampai Yogya atau Solo lebih pagi daripada naik Prambanan Ekspres (Prameks) yang berangkat dari Kutoarjo jam 06 pagi.
  3. Dapat tempat duduk (kemungkinan besar).
  4. Dapat kenalan (jika beruntung) 😀

NB: Masalah bagaimana cara masuk peron stasiun di luar tip yang kuberikan. Silakan cari sendiri dengan kreatifitas anda! hehehehehe

Ahmed Fikreatif

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

Iklan

12 Tanggapan

  1. wah kirain ada gratisan dari prameks mas. hehehe.
    salam kenal

    • naik di atas gerbong barangkali…
      😀
      salam balik

  2. wah, kesempatan dalam kesempitan nih..
    dapet gratisan, tempat duduk, n kenalan, asik bgt tuh, wkwkwkk

    • @Faizaru: memang cuy,,
      itulah klo org itu kreatif dan berani
      hehehheheehehee

  3. ada asuransinya nggak…….

    • @AGUS -AGUUUUS: tuku tiket wae nggak kok minta ASUransi…

  4. hahaha……itupun kalo beruntung…aku pernah kok…tapi pernah pula ga beruntung…

  5. Piyuh, harus ada peraturannya nih

  6. Iki ngapusi negara ra ya…
    *innocent*

  7. Wah2 ide bgus jg. Wah tp msk jm sgtu dah hrus ke KTA. Jauh….

  8. mental gratisan……………….. 🙂

  9. kalo naik di lokonya bisa ato kagak..????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: