Kalikuning, Camping Ground & Objek Wisata Alam Pegunungan di Yogyakarta


Kali ini aku berada di kawasan Kalikuning (sebuah kawasan dekat dari Kaliurang) Yogyakarta. Sudah beberapa kali aku mengunjungi tempat indah ini. Rata-rata aku ke sini dalam rangka camping bareng sobat-sobatku. Kami menyebut diri kami dengan istilah SDK, yang merupakan kependekan dari Sondakan.

Kali Kuning merupakan salah satu alternatif tujuan wisata di Yogyakarta. Objek wisata ini merupakan kawasan wisata alam sekaligus Camping Ground di lereng selatan Gunung Merapi, tepatnya di Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Disamping camping ground, tempat ini menawarkan berbagai keindahan alam pegunungan, gemericik air, pepohonan tinggi, serta kesegaran udara sepanjang hari. Lokasi Kali Kuning sendiri terletak di kaki Gunung Merapi atau di sebelah timur objek wisata Kaliurang.

Untuk menuju ke Objek Wisata kali kuning, dapat ditempuh dengan motor atau mobil dengan waktu sekitar 1 Jam dari Kota jogjakarta. Untuk dapat masuk ke Objek wisata Kali Kuning akan dikenakan retribusi sebesar Rp 2.000 yang dikelola oleh Taman Nasional Gunung Merapi.

Kalau mau gratisan, sebenarnya dulu ada cara yang bisa ditempuh. Yaitu dengan cara menerobos bukit yang memisahkan Kaliurang dengan Kalikuning melalui sebuah gua kecil selebar kurang lebih satu meter (pada lorong masuknya) namun pada pintu keluar diameter gua melebar menjadi sekitar 3 meter. Panjang gua yang dilalui adalah sepanjang 6-7 meter. Pertama kali aku melalui gua itu terasa sedikit takut juga karena kupikir kami harus menerobos dengan cara merangkak ke dalam gua sepanjang 7 meter mengingat lubang pintu masuknya yang kecil. Belum lagi gelapnya gua. Takut ada ular dan binatang semacamnya. Namun saat merangkak sejauh satu meter, dinding gua melebar hingga sampai di pintu keluar gua lebar diameternya menjadi 3 meter.

Namun itu dulu. Terakhir saat tanggal 25 Desember 2009 aku ngecamp bareng-bareng dengan SDK, gua itu sudah tertutup rapat oleh longsoran tanah dari tebing-tebing di sekitarnya dan sudah tidak menyisakan jejak sama sekali jika di tempat itu dulu pernah ada gua penembus bukit. Barangkali gua itu tertutup karena adanya letusan Gunung Merapi tahun 2006 (kalau ga salah inget).

Kalikuning terletak di bawah Kaliadem yang pernah menjadi saksi keganasan letusan merapi dimana pada saat itu dua orang relawan tewas dalam bunker akibat terjangan awan panas atau yang biasa di sebut wedhus gembel. Kalikuning sebenarnya adalah sebuah kali (sungai kecil) yang mengalirkan air dari sebuah sumber mata air (namanya lupa) sekaligus menjadi jalan / jalur lahar erupsi gunung Merapi.

Setelah lama tidak mengunjungi Kalikuning, kondisi terakhir di sekitar kali banyak berubah. Aliran air sedikit berubah. Tumbuhan-tumbuhan semak-semak dengan suburnya berkembangbiak, mungkin karena setelah adanya letusan gunung Merapi yang menebarkan benih kesuburan.

Kawasan wisata Kalikuning ini memang cukup luas. Selain dijadikan objek wisata dan Camping Ground, ada juga daerah di Kalikuning yang memiliki tebing- tebing batuan andesit. Walapun belum banyak dijamah, akan tetapi tebing andesit di daerah Kalikuning ini sering juga di jadikan sebagai arena panjat tebing, khususnya bagi para pemanjat yang telah mahir mengingat kesulitan yang sangat tinggi dalam pemanjatan pada tebing dengan batuan andesit. Gugusan batuan yang berdiri kokoh di sekitar sungai membuat pemandangan yang sangat mangagumkan. Cukup banyak daerah di Kalikuning yang mempunyai bentukan tebing andesit seperti ini.

Selain itu, anda juga bisa melihat ke sumber mata air Kalikuning yang dibuatkan semacam bendungan kecil atau kolam kecil. Tadinya, SDK hendak berenang di kolam (jw: blumbangan) itu. Hanya saja, entah mistik atau tidak, di sudut kolam sumber mata air itu ada seekor ular sejenis ular air yang menjaga. Karena takut dipatok, akhirnya kami hanya bermain-main air di sebuah pintu air yang terlihat seperti air terjun.

Begitulah kira-kira Kalikuning terakhir kali aku ke sana. Dari sekian banyak objek di Kalikuning yang menarik, namun bagiku yang paling pas adalah suasana saat kami ngecamp di tempat ini. Dan inilah yang menjadi daya tarik paling menarik dari Kalikuning. Yaitu, jika kita ngecamp di situ. Suasana malam yang dingin dan terkadang hujan, pagi yang segar, suara katak, kegelapan yang sedikit rasa mencekam, api unggun yang menghangatkan, mandi di kali yang jernih pagi-pagi, membuat teh serta kopi hangat yang nikmat, dan menikmati mie instan hangat di tengah guyuran hujan yang dingin merupakan beberapa hal yang kurasakan selama 3 kali ngecamp di sini. Bagi yang tertarik untuk bikin acara ngecamp, gue rekomendasikan nih tempat dengan nilai 8 deh (dari skala 10). (Ahmed Fikreatif)

Thanks to kenangan yang indah bersama kalian:

Kangmasboy: Paling kuat melek wengi dan jogo tendo.

Jss Gama: Paling nggaya kalo ngecamp, dan paling gampang kademen.

Muhammad Inal: Paling rekoso kalo diajak mlaku-mlaku. Tapi paling triman.

Rima: Kenangan pertama dan terakhir buatmu direwangi ngapusi wong tuo.

Ratih: Kenangan bersama-sama sharing.

SangDe: Saat itu kau menjadi orang yang paling cantik di hutan. Wakakakakaka. Semoga kenangan menggigil kedinginan meskipun sudah berbalut jaket, kaos kaki, tutup kepala, pakaian berangkap-rangkap dan masih juga dipeluk Rima menjadi kenanganmu yang tak terlupakan.

Kisah Klasik Untuk Masa Depan dan Berdiri Tegak Menantang: Lagu yang menghangatkan malam-malam itu.

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”



Iklan

2 Tanggapan

  1. semoga beberapa cerita dan teman menjadi bahan pembelajaran untuk aq thax.

  2. Wah itu embunnya asik banget kayanya u/ dinikmatin. Kalo butuh tenda dome silahkan cek http://krey234.wordpress.com. Thanks ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: