Iklan Jadoel Di Madjallah Jadoel


Iklan Jadoel Di Madjallah Jadoel

Kemaren, waktu lagi ngerjain tugas untuk proses bikin Surat Saham Perusahaan dengan mencari contoh-contoh bentuk Surat Saham di internet, aku menemukan sebuah hasil scan komputer sebuah Majalah tua yang kuperoleh dari sebuah Blog bertajuk Koleksi Barang Jadoel. Majalah tua itu bertajuk ‘ADIL.

Dalam Madjallah Minggoean ‘Adil yang koe download itoe, masing-masing No 19-Th ke IX, Sabtoe 8 Febroeari 1941, serta No 31-32 tertanggal 27 Djoeni-4 Djoeli 1951. Selain sampoel, ada djoega hasil scan sedjoemlah iklan jang dimoeat pada madjalah terseboet.

Nah, dari sekian banyak iklan yang mayoritas berisi tentang pengobatan alternatif, ada satu iklan yang menarik perhatianku. Iklan itu diberi judul SOEDAH TERBIT. Materi iklan itu sebenarnya adalah berisi mengenai buku-buku Islam yang dijual oleh si pengiklan di Majalah Adil tersebut.

Yang bikin aku lebih tertarik lagi, pengiklan buku-buku Islam tersebut adalah Toko Kitab Al-Ma’moerijah” yang beralamat di Begalon – Weg 19. – Solo – Java. Sejauh pengetahuanku, Toko Kitab Al Ma’moerijah di Begalon Solo hanya satu saja yang jualan. Yang punya toko itu, setahuku adalah seorang ulama hadis Solo yang dikenal sebagai pendiri AL ISLAM. Namanya KH. Imam Ghazali bin Hasan Ustadz (CMIIW). Kitab-kitab karangannya, hingga kini masih menjadi materi pembelajaran yang diajarkan di lembaga-lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Perguruan AL ISLAM serta di pengajian-pengajian AL ISLAM. Salah satu anaknya bernama Amin Ghazali, kini menjadi salah satu pengurus Yayasan Perguruan AL ISLAM tersebut. Sementara cucu-cucu Kyai Ghazali dari garis Amin Ghazali merupakan kawan-kawanku; Amal, Zuhal, dan Ridho. Materi iklan silakan klik di sini.

Ada lagi yang bikin aku tertarik pada iklan jadoel itu, yaitu penulisan satuan mata uang dalam aksara tulis. Untuk menuliskan nilai harga nominal, biasanya kita menulisnya dengan huruf “Rp” sebagai simbol “Rupiah”. Namun, pada iklan itu, yang tertulis bukan tulisan “Rp” tetapi huruf “f” (silakan dilihat dan diperhatikan). Hanya saja, aku tidak mengerti apa makna simbol “f” tersebut. Apakah Fulus atau apa..

(Ahmed Fikreatif)

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: