Akhirnya, Blog-ku Ranking 57 di Indonesia (Growing Blog)


Alhamdulillah, setelah bekerja keras sekuat tenaga dengan mencurahkan segenap pikiran, waktu, dan kemampuan dalam menuangkan ide, gagasan, pengalaman, serta hal-hal lain dalam bentuk tulisan di blog, akhirnya bisa juga blogku masuk Growing Blog di WordPress untuk wilayah Indonesia (Ranking 57; per tgl 29 Des 09, pukul 18.00an). Sejak kembali ke dunia blogger 3 bulan lalu, usahaku setidaknya menuai hasil yang bisa menjadi motivasi tersendiri.

Growing blog memanglah bukan capaian yang maksimal yang bisa diraih jika kita eksis di blog wordpress.com. Growing blog hanyalah awalan capaian prestasi bagi suatu blog yang sedang tumbuh dan berkembang karena baru saja lahir. Jika diibaratkan sebagai manusia yang berprofesi sebagai artis, sebut saja sedang mulai naik daun. Karena baru naik daun, maka bisa dikatakan masih berada pada level yang bawah.

Namun, meskipun berada pada level naik daun, ibarat seorang artis atau selebritis, ia bisa menjadi ancaman para artis yang sudah kawakan. Dalam kasus dunia blogger, maka dengan status growing blog maka yang bersangkutan sudah sangat berpotensi untuk mengancam dominasi para blogger yang lebih senior.

Penggunaan kata mengancam yang kumaksud bukan dalam arti negatif atau yang kita artikan sebagai permusuhan atau pertentangan. Namun yang kumaksudkan adalah wujud persaingan sehat (atau baca dalam bahasa yang lain dengan Fastabiqul Khairat) antar para blogger dalam mengungkapkan ide dan atau gagasannya.

Di WordPress.com, kedudukan tertinggi adalah blogger-bloger yang berada pada daftar Top Blog (100 peringkat). Top Blog ada dua, yaitu Top Blog universal yang lintas negara dan Top Blog area negara tertentu. Top Blog universal bisa diartikan Top-Top Blognya orang-orang sedunia yang menggunakan WordPress.com. Semenatara Top Blog Area bisa diartikan sebagai Top-Top Blog-nya area tertentu, semisal Indonesia.

Selain adanya Growing Blog dan Top Blog, ada juga kelompok atau daftar ranking Top Post. Top Post adalah daftar Top posting atau postingan teratas yang memperoleh banyak respon dan klik atau singkatnya banyak dilihat oleh internet user. Jika ingin melihat postingan siapa saja yang sedang menjadi pembicaraan maka tinggal dilihat saja di dalam daftar Top Post ini.

Nah, semua rangkaian mulai Top Blog, Top Post, dan Growing Blog tersebut sering disebut-sebut dengan BOTD. BOTD merupakan kependekan dari Blog Of The Day. BOTD inilah yang seperti menjadi data statistik perkembangan para blogger. Dulu, ada seorang blogger bernama Padepokan Budi Rahardjo yang sering nulis karya-karya orisinilnya dan selalu nangkring di BOTD. Namun sepertinya sekarang ini sudah tidak berada pada posisi terdepan lagi. Mungkin karena “kalah” oleh blogger-blogger baru yang lebih suka Copy-Paste dan menulis Judul-judul provokatif. Sampai sekarang, Dosen ITB itu juga masih tetep nge-blog dan denger-denger tulisan-tulisannya di blog sudah dibukukan & terbitkan. Kalau mau, kunjungi saja http://rahard.wordpress.com/.

Berbicara mengenai BOTD, TOP BLOG, TOP POST, dan semisalnya, membuatku teringat pada kenangan sepanjang tahun 2008, saat aku mulai mengenal dan keranjingan nge-blog hingga rajin posting demi mengejar mahkota BOTD / TOP BLOG untuk “mengalahkan” Kang Budi. Dalam waktu tidak lebih dua bulan sejak Februari 2008, aku (melalui domain blog wordpress yang lama tentunya) berhasil masuk Growing Blog dan beberapa kali Top Post. Sebulan setelah itu, barulah kemudian kau masuk di barisan Top Blog. Sehabis fase itu, terlampau sering aku masuk TOP TEN BLOG WordPress.com Indonesia dan sempat “mengalahkan” Kang Budi, kala itu. Ibarat pohon, semakin ke atas maka semakin penuh angin dan tidak stabil. Begitupula keadaanku kala itu.

Dengan bermodal postingan-postingan “kontroversial” dan serba “bombastis” tak sulit bagiku nangkring di Top Post Today dan Top Blog baik Indonesia maupun universal (dunia). Karena terlampau sering mengangkat topik-topik kontroversi dan bombastis, maka secara otomatis banyak pula yang membenci kehadiran blog-ku kala itu. Ancaman dan teror terlampau sering masuk ke email atau komentar-komentar blogku. Tapi kuanggap angin lalu.

Seiring perkembangan waktu, akupun menutup account lama blogku itu karena beberapa alasan. Pertama, dalam blog lamaku terlampau banyak hasil copy-paste dari beraneka web atau situs meskipun kadang melalui proses penerjemahan ke bahasa Indonesia terlebih dahulu dari bahasa Inggris. Kedua, terlampau banyak komentar-komentar kotor dalam topik-topik kontroversial tertentu yang kuangkat sehingga muncul kekhawatiran juga lama kelamaan, wajar khan? Ketiga, aku ingin membuat account / domain nama blog baru yang benar-benar berisi tulisan-tulisanku murni dan berbagi diskusi mengingat nama acount lamaku (mungkin) terlalu dikenal sebagai blog “Public Enemy” bagi sebagian kalangan yang menganggapku sebagai musuh dan ancaman. Kini blog lamaku sudah kubikin “PRIVATE”. Semoga suatu saat bisa reborn kembali dengan mengusung visi misi baru.

Oleh karena itulah, aku terobsesi mengulang “kejayaanku” dulu (setelah praktis mati suri dari dunia blogger selama kurang lebih 1 tahun) dengan murni tulisan-tulisanku serta berkeinginan menjadi seperti Kang Budi (syukur-syukur melebihinya) yang catatan-catatan di blognya telah dibukukan. Dan yang paling penting, banyak kawan-kawan internet user bisa memperoleh manfat yang banyak dari sekilas tulisan-tulisanku.

Memang tak mudah mengawali kembali sebuah proses dari titik 0 (baca: NOL). Semoga aku bisa melangkah ke bilangan 1, 2, 3, dan seterusnya hingga tak terhingga.

(ahmed fikreatif)

Iklan

4 Tanggapan

  1. ternyata ngeblog nya segitu dahsyatnya.. blog saya di wordpres belum ada kpikiran sejauh itu.. tapi jadi inspirasi juga nih.. selamat berjuang ya.. tulisannya yang manfaat 2 aja, cerita2 gosip mah cukup d tv aja..

    • sama2 Z4nX…
      makanya terus kasih masukan dan kritik ya?

  2. keren….
    pasti usahanya pakai banting tulang nih….
    siang jd malam.. malam jd siang….
    hehehe…….

    • hahhahaaha..
      ga juga,,,
      hanya komitmen nulis saja,,,
      semaksimal mungkin 1 tulisan 1 harinya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: