Gus Dur Meninggal Dunia, Alhamdulillah atau Inna Lillah ??


Membaca di detik.com beberapa saat lalu (hari Rabu, 30 September 2009 sekitar pukul 19.10 an), dikabarkan bahwa Gus Dur telah meninggal dunia. Menjadi sebuah persoalan bagi beberapa kawan (mungkin aku juga) mengenai apa yang harus diucapkan. Beristirja’ diikuti doa memohonkan ampun atau bersyukur diiringi permohonan ampun atau beryukur tanpa memohonkan ampun.

Kenapa aku melontarkan tiga pertanyaan itu? Persoalannya adalah selama ini Gus Dur dikenal sebagai salah seorang tokoh yang kerap dianggap melecehkan Islam dan ulama meskipun ia sendiri secara KTP (sepertinya) seorang muslim. Masih segar dalam ingatan kita bahwa ia menyebut kitab suci al Quran sebagai Kitab Suci paling Porno. Sebuah ungkapan yang tidak sepantasnya keluar dari mulut seorang mukmin meskipun hanya dalam gurauan semata.

Masih adakah hal-hal “nyeleneh” lainnya dari pribadi seorang Gus Dur yang oleh para ulama dianggap membahayakan akidah Islamnya?

Beberapa kalangan Islam banyak sekali dibuat heran dengan beraneka macam sikap Gus Dur yang aneh-aneh dan tidak sesuai dengan koridor syariat Islam. Seperti misalnya pandangan Gus Dur yang lebih membela aliran sesat Ahmadiyah yang punya Nabi baru daripada membela Islam. Sebagai seorang muslim, menurut pandangan kalangan ulama, sikap Gus Dur tersebut bertentangan dengan prinsip Islam. Kenapa sebuah kelompok yang secara nyata melecehkan Islam dan sengaja mengatasnamakan diri sebagai Islam padahal tidak patuh pada aturan-aturan Islam seperti Ahmadiyah justru dibelanya mati-matian sementara sebagian kalangan muslim yang hendak menegakkan Syariat Islam justru ditentang mati-matian pula?

Selain mengatakan Al Quran Kitab Suci Paling Porno, Gus Dur juga pernah mengusulkan agar MUI dibubarkan gara-gara MUI memfatwa sesat sejumlah aliran sesat di Indonesia (sumber). Tak hanya itu, karena ia merupakan mantan Ketua Umum PBNU, maka ia meminta GP ANSOR menentang penentang Ahmediyah (sumber). Padahal institusi NU juga sependapat dengan pendapat MUI bahwa Ahmadiyah adalah sesat dan bukan Islam.

Ketika umat Islam sedang berjuang (baca: berjihad dengan harta dan jiwa memperjuangkan kemerdekaan melawan penjajah Yahudi Israel, Gus Dur justru berkunjung ke Simon Wiesenthal Center, sebuah LSM Yahudi di AS yang memperjuangkan berdirinya Israel. Di sana, ia datang sebagai tamu undangan dan menerima penghargaan. (sumber 1; sumber 2)

Menurut catatan beberapa ulama dan tokoh-tokoh Islam, seperti Hartono Ahmad Jaiz (penulis buku-buku Aliran Sesat Dalam Islam), mengungkapkan bahwa sikap Gus Dur justru selalu menolak hal-hal yang berbau Islam dan mendukung hal-hal yang non-Islam. Diantara contoh yang ia kemukakan antara lain:

Ketika aturan dibuat di daerah, dan itu sekiranya dianggap berbau Islam, misalnya tentang melarang pelacuran, maka Gus Dur menolaknya, bahkan menyebutkan akan bisa kacau. Lebih dari itu ketika ditanya tentang otonomi daerah yang hendak mengatur persoalan agama, dan pertanyaan itu masih difahami sebagai agama Islam (karena kaitannya dengan pertanyaan tentang Perda mengenai larangan pelacuran) maka Gus Dur lebih tegas lagi menolaknya. Sebaliknya, ketika Gus Dur ditanya tentang daerah-daerah yang mayoritas non-muslim apakah dibolehkan menerapkan aturan agama mereka masing-masing (yang mayoritas itu, Bali Hindu, NTT Nasrani, Papua Nasrani, pen) dengan alasan otonomi daerah? Gus Dur buru-buru menjawab: Iya nggak apa-apa. Itu konsekuensinya kan? Makanya, kita tidak usah ribut-ribut soal perda dan aturan yang berasal dari satu agama (sumber)

Dalam sebuah wawancara, Gus Dur mengatakan: “Yang disebut aurat itu juga perlu dirumuskan dulu sebagai apa. Cara pandang seorang sufi berbeda dengan ahli syara tentang aurat, demikian juga dengan cara pandang seorang budayawan. Tukang pakaian melihatnya beda lagi; kalau dia tak bisa meraba-raba, bagaimana bisa jadi pakaian. ha-ha-ha.. Batasan dokter beda lagi. Kerjanya kan ngutak-ngutik, dan buka-buka aurat, itu, he-he-he.

Saya juga heran, mengapa aurat selalu identik dengan perempuan. Itu tidak benar. Katanya, perempuan bisa merangsang syahwat, karena itu tidak boleh dekat-dekat, tidak patut salaman. Wah saya tiap pagi selalu kedatangan tamu. Kadang-kadang gadis-gadis dan ibu-ibu. Itu bisa sampai dua bis. Mereka semua salaman dengan saya. Masak saya langsung terangsang dan ingin ngawinin mereka semua?! Ha-ha-ha.. Oleh karena itu, kita harus hati-hati. Melihat perempuan tidak boleh hanya sebagai objek seksual. Perempuan itu sama dengan laki-laki; sosok makhluk yang utuh. Jangan melihatnya dari satu aspek saja, apalagi cuma aspek seksualnya.

Padahal Rasul SAW:
قَوْلِهِ صلى الله عليه وسلم فِي مُبَايَعَةِ النِّسَاءِ إنِّي لَا أُصَافِحُ النِّسَاءَ وَمَا قَوْلِي لِامْرَأَةٍ وَاحِدَةٍ إلَّا كَقَوْلِي لِمِائَةِ امْرَأَةٍ رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَقَالَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَالنَّسَائِيُّ وَابْنُ مَاجَهْ وَابْنُ حِبَّانَ

Sabda Nabi saw dalam pembaiatan para wanita: Sesungguhnya aku tidak bersalaman dengan wanita, dan tidaklah perkataanku kepada satu wanita kecuali seperti ucapanku kepada seratus wanita. (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, ia berkata, hadits hasan shahih, dan An-Nasa”I, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban).

Gus Dur juga pernah berkata, “Bagi saya, Tuhan itu tidak perlu dibela!”

Sementara itu ayat berkata:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ(7)

Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS Muhammad/ 47 : 7).

Melihat pembahasan di atas, maka aku pun melontarkan pertanyaan itu. Bagaimana pendapat anda? Mengucap kalimat istirja’ (inna lillahi wa inna ilaihi roji’un_pen) diikuti doa memohonkan ampun atau bersyukur (alhamdulillah_pen) diiringi permohonan ampun atau beryukur tanpa memohonkan ampun?

(ahmed fikreatif)

Berhubung banyaknya komentar yang masuk dengan banyak mengucapkan kata-kata kotor dan kurang sopan, mohon maaf jika saya tidak meloloskannya untuk ditampilkan, kecuali jika anda meninggalkan “jejak yang jelas” berupa alamat blog anda agar opini anda bisa dipertanggungjawabkan. Sekali lagi mohon maaf.

Iklan

68 Tanggapan

  1. Kita Ambil Kebaikannya dari Gus Dur aja mas…
    Jasa2nya terhadap negeri kita!

    Semoga Amal dan Perbuatannya Di Terima oleh Allah SWT. Amin

    Kunjungi blog saya mas! tukeran link?

    • inggih mas,

  2. Hmm. . .
    bener juga kata si mas ini !!
    tp walaupun begitu dia adalah salah satu tokoh di negeri ini !!

  3. dak perlu berbaik sangka ma orang2 kayak gini. mrka dah jls2 menentang syariatNya. kalo bisa tumpas sampe ke akar2nya.

    • Omong gludug.xixixixixi.kamu bisa numpas ya hhhhhhh

    • Kalau saya sih tetep berusaha berbaik sangka mas.
      Tetapi tetap memperingatkan orang2 yg masih hidup atas perilaku2 yg sy yakini tdk sesuai dengan ajaran Islam yang sy yakini.
      Jadi saya berharap ini bagian dr sikap adil dlm bersikap.

  4. Alhmdulillah..
    Wa Innaillahi wa innaillahi ro’jiun..

    Akhr’y dia mengetahui kebenaran yang sbnrnya yaitu Alloh SWT

  5. LIHAT DENGAN JELAS TINDAKAN GUSDUR TERHADAP ISLAM,…MALU2IN,MUDAH2AN LENYAP LAGI ORANG YANG SEPERTI DIA,….MUDAH2AN MASUK SURGA TUH ORANG BIANG KEROK.

    • Sini kamu sy tumpas…..kamu siapa.

      • itu ada emailnya mas Khafid.

  6. saya dengan yakinnya akan mengatakan ALHAMDULILLAH…
    mudah2an Allah mengampuni dosa2nya

    • hak Anda.

  7. Alhamdulillah, akhirnya tokoh yang suka membuat umat bingung akhirnya bertemu dengan al-haq (maut).

    Inna lillah, ada seorang manusia yang datang dari Allah akhirnya kembali kepada Allah.

    Semoga di kemudian hari gak ada yang ngikutin jejak yelenehnya tokoh ini.

    • Maklumlah ada orang yg masih bingung sama perkataan n perbuatan.Na Gus Dur.. ilmu mereka masih dangkal sih.. 😝
      *termasuk gue*

      • Dr byk yg komen, ngga sedikit yg bilang Ilmu masih dangkal. Lha yg dalam itu yg kayak gimana?

  8. Pasti beliau mendapat balasan sesuai yg Alloh swt janjikan..menanam keburukan menuai keburukan..menanam kebaikan menuai kebaikan..sekarang malaikat mungkin sudah atau sedang menanyakan amal ketika ia hidup..sy tidak hendak bergembira dengan kematiannya..sy hanya bersyukur dan berdo’a bagi yg masih hidup diantara kaum muslimin..semoga menjadi pelajaran..karena kita pasti bertemu ajal.

  9. sebaiknya, jangan kita pandang dr sisi burukny saja.
    kan masih bnyak kebaikan2 yg pernah dilakukan gus dur ktk masih hidup.

    contohlah Rasulullah dlm berprilaku. beliau tdk pernah berkta kasar. apkh ada haditsnya, Rasul berkata : hai ahli neraka! Hai kafir! sesungguhnya dagingmu tempatnya d neraka, kulitmu di neraka, matamu di neraka. dsb…

    Apakah pernah kita jumpai hadits spt itu?

    walaupn Rasul tw org yg diajak bcr bukan gol ahli surga, beliau tdk pernah berkta ksar.

    Islam adl rahmat bg slruh alam.

    kita ambil sj pljrannya, bhw styp yg bernywa pasti akan mati.

    wallahu ‘alam,

    • Setuju mas Arm. Kita tidak boleh berkata kasar apalagi kepada mayit. Sejauh ini tak ada yg berkata kasar sepertinya.

  10. Lebih baik mana …????
    Setan yang ada di MASJID atau Malaikat yang ada di tempat PELACURAN….???????bukankah ini HAQQUL yakin pasti mungkin…????
    ndak usah menghukumi….Sampeyan juga belum tentu benar…

    SERAHKAN pada ALLAH yang ESA….!!!!TUHAN seluruh alam dan MAKHLUK

    • yg setan dan malaikat di sini siapa ya?

  11. Kehidupan dan Kematian selalu meninggalkan kesan bagi orang yang merasakannya….apapun kesan kita terhadap kematian dan kehidupan orang lain adalah satu pertanyaan besar bagi diri kita…..”sebesar manfaat kita buat orang lain ” dibandingkan dgn org yang kita lihat kehidupan dan kematiannya…

    • Siapa menanam dia akan menuai

  12. UNTUK PENULIS ; sy pikir anda perlu banyak lg melahap banyak buku tntang islam, sejarah sosial, politik dan dinamika perkembangannya dari masa Muhammad hingga sekarang agar anda dapat memetakan dengan benar posisi/ paradigma pemikiran gus dur.
    dan mengenai al-qur’an adalah kitab terporno sedunia, jelas itu menunjukan “kemiskinan” preferensi yang anda miliki. baca dulu donk konteks waktu itu ……, jgn asal ngomong yang secara tak disadari banyak orang bakal menertawakan anda di belakang.

    • sya stuuju.mlah sya berpikiran orang yg berpikiran sperti diatas harus cept pergi dri dunia ini,biar g mmbuat resah rakyat dan ujungx menjadi anarkis

  13. sy khawatir dan curiga dengan corak pemikiran muslim seperti anda
    jika tetap seperti itu, maka andalah salah satu dari sekian umat muslim yang harus bertanggung jawab atas kemerosotan Islam.
    INGAT, junjunganQ MUHAMMAD sosok revolusioner pada masa itu dan selalu disalahi dan diperburuk-sangkai
    allahumma shalli ‘ala muhammad………….

    • Silakan khawatir dan curiga. Itu hak Anda kok….

  14. kalo saya sih akan bilang nauzubillahi min dzalik untuk postingan anda seperti ini….

    • monggo…. ndak apa2 🙂

  15. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun

  16. Kewajiban anda sebagai seorang muslim adalah mendoakan, bukan menghakimi apalagi membuka pintu untuk memaki. Mengenai surga atau neraka adalah rahasia Allah. Banyaknya orang yg mendoakan Gus Dur menunjukkan kebaikan dan fungsi statusnya dalam bermuamalah. Ya Allah, masukanlah Gus Dur ke dalam surga-Mu. Engkau maha melihat apa2 yg manusia tdk mampu menatapnya.

    • mudah mudahan gusdur sempat tobat

    • Amiin.

      Semoga keburukan2 yg telah dibuatnya tidak diikuti oleh orang2 di kemudian hari.

  17. wah malaikat bakal kebingungan nih nanya ke gusdur, apa agamamu ? sebab pasti jawaban gusdur semua agama sama ……….wkwkwkwkwkwkwkwkw wah alamat di ………. nih

    • betul ….

  18. Penulis perlu mengaji lagi tentang Islam.Atau memang hanya seperti itu pemahaman penulis tentang islam.Terlalu dangkal.

    • yg dalam kayak gimana mas>>>???

  19. Di penghujung tahun 2009, bangsa Indonesia kembali ditinggal oleh salah satu putra terbaiknya. KH. Abdurrahman Wahid, presiden RI ke-4 kembali menghadap sang khalik. Selamat jalan. Bagaimana pun penilaian orang atas perbuatanmu, namun sudah sepantasnya apabila kita mendo’akan semoga amal ibadah beserta semua kebaikannya semasa hidup dapat diterima oleh sang Maha Kuasa. Amiin.
    Membuat Blog

    • Amiin. semoga keburukan2 yg telah dibuatnya tidak diikuti oleh orang2 di kemudian hari.

  20. nggak usah banyak cingcong apa lagi mumet. jangan lah melawan arus modern sasi. yang jelas hari ini mari kita berpesta rayakan kematian gusdur wkwkwkwkwkwkwkk….
    mari bersulang ….tink

  21. smoga dia sempat taubat aja deh

  22. gusdur itu murtad, keterangan dan saksinya banyak… jadi tidak ada ucapan innalillahi wa inna ilaihi roji’un…
    atau disolatkan segala, sebab hanya orang islam yg solat yang berhak disolatkan….

  23. “Sesungguhnya Islam dimulai dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana awalnya, maka beruntunglah orang-orang yang asing” (HR Muslim).

    WASPADALAH dari orang-orang zaman ini yang populer dimata dunia, karena boleh jadi kepopulerannya itu adalah karena penyimpangannya dari ajaran Islam.

    Apakah gusdur populer dimata dunia karena membela Islam atau malah dia populer karena mendiskriditkan Islam?!

  24. Semoga di saat anda (Penulis) menemui sang khaliq kelak, seluruh Umat berdo’a sebagaimana mereka mendo’akan orang yg sedang (dalam tulisan anda di atas) anda caci maki. Amiin
    Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad…
    Ya,Rabb..
    sekarang aku melihat bagaimana engkau mempertunjukkan sisi lain fitrah manusia…
    semoga Hidayah-Mu selalu mnyertai umat Muhammad SAW,menghaluskan hati kami,menunjukkan kami ke jalan yg engkau ridhai, bukan jalan yg kami anggap paling benar sendiri..
    “mas, mohon bacaan dan pemahaman tentang Al-qur’an dan Hadits anda ingin saya perdengarkan” mudah2an bisa saya jadikan referensi,kenapa anda mencaci gus dur?”bahkan setelah beliau meninggal..
    saya dengan terbuka hati ingin sekali menghadiri tempat dimana sampeyan mengaji atau bahasa anda itu Liqo”
    ini email saya: han.holness@yahoo.co.uk
    terima kasih..

    • Saya mencaci maki Gus Dur itu di paragraf sebelah mana?
      Saya hanya mengurai fakta2 yg sy temui sejauh sudut pandang saya yg terbatas.

      • Ini… ‘Amiin. semoga keburukan2 yg telah dibuatnya tidak diikuti oleh orang2 di kemudian hari’.

      • Lho ada yg salah dg kalimat sy itu?
        Saya mendoakan ampunan pd Gus Dur, tp sy jg mendoakan agar keburukan2 yg pernah dibuatnya tdk diikuti org lain, apa yg salah?

        Kecuali klo yg dibilang gus dur itu 100% bener kayak perkataan Nabi.

        Wong sama2 manusia biasa kok. Saya-Anda-Gis Dur itu manusia biasa. Bisa benar, sangat mungkin salah. Dan sy mengingatkan agar org2 jgn mengikuti kesalahan/keburukan org lain.

  25. Orang yang merasa bersalah lebih baik dari pada orang yang merasa benar.

    Orang yang merasa bersalah akan sangat mudah meminta ampun kepada Allah Ta’ala.

    Ada pun orang yang merasa benar, tidak pernah merasa bersalah dan akan sombong dengan rasa benarnya.

    • kalau org yg salah tapi dikasih tahu masih merasa benar..
      siapa yg salah, siapa yg benar, siapa yg sombong?

  26. innalillah dong

    • Siap

  27. Dunia ini panggung sandiwara,

    Ceritanya mudah berubah,

    lalalalalalalalalaa,

    Mengapa kitaaa….bersandiwaraaaa

    mengapa kita bersandiwaraaaa….

    nggak usah diperdebatkan…..

    malah bikin masalah baru…..

    yang sudah ya sudah…

    ambil hikmahnya……

    jangan menyimpan dendam…..

    masih ada hari esok…

    Jangan dirusak dengan menimbulkan konflik baru dengan debat pendapat…..

    Kalo anti….. ya jangan meniru caranya….menimbulkan polemik dan konflik dengan melontarkan pendapat sepertinya, kayak begini ini….tul nggak…

    gitu aja kok repot…….

    salam ya buat semuanya…..

  28. alhamdulliah telah berpulang musuh islam ,semoga gusdur diampuni allah atas dosanya- dosanya memusuhi islam dan lebih dekat dengan yahudi,serta menghina syariat islam

  29. Gus Dur sudah nyata2 kafir,, ia tak kan bisa didoakan umat islam

    • Malah mengkafirkan orang dirimu aneh kaxkaxkax

  30. wah, tidak tau mas, netral saja. wallahu a’lam . saya juga tidak ikut menyolatkan dia.

  31. @Iaks: hehehehe

  32. Astaghfirullah, takut saya melihat thread ini. Istighfar saudara2 ku ………..

    • Kenapa takut mas?

      Pasti mas. Kita harus senantiasa beristighfar

  33. menurut saya hanya orang orang tertentu yang ilmu tasawuf sudah mumpuni yang tahu maksud dan tujuan gus dur melakukan itu, kita tahu gus dur punya indra keenam (mengetahui kejadian sebelum terjadi)..saya percaya gusdur melakukan semua itu mesti ada sebab akibatnya, tapi saya yakin beliaupun hatinya sebenarnya juga tidak setuju dengan apa yang dikatakanya, mungkin menurut saya, beliau berusaha agar tidak riya’ karena semua orang menganggap dia seorang kyai…seperti syair beliau “BANYAK ORANG YANG HAPAL ALQURAN DAN HADIST TETAPI SENANG MENGKAFIRKAN LAINNYA PADAHAL KAFIRNYA SENDIRI TIDAK DIPIKIRKAN…(ditegaskan sekali lagi “hanya orang – orang tertentu /mempunyai indra keenam (kelebihan) yang tahu maksud tindakan gus dur selama ini)….

  34. , bwt orang yang melecehkan Gus Dur itu adalah orang yang tolol, sangat” tolol.
    belum punya ilmu aj , berani-beraninya mengkritik seorang wali (Gus Dur ).
    presiden terbaik selama ini ya cuman Gus Dur, tak ada yang lainya, Gus Dur tak pernah bercerita tentang partainya, Gus Dur hanya mementingkan bangsa dan negara,
    orang yang melecehkan Gus Dur adalah orang yang rendah martabatnya, dibanding setan lebih tinggi setan martabatnya

    • Sabar sebentar mas, ngomong jangan pake urat tapi pakai mulut. Yang ngepost ini berbicara realistis-agamis yang mengindikasikan bahwa Gus Dur memang melakukan hal-hal seperti itu. Soal benar-tidak, baik-buruk mari kita telaah lagi lewat pengkajian seperti mas pengepost lakukan. Cocokkan dengan rujukan Al-Quranul Hadits, manakah yang ada itulah jawabannya baik atau buruk, benar atau salah. Slow dulu lah. Think before you say something.

    • Lha Khalifah Umar bin Khattab saja pernah dikritik dan terbuka ketika dikritik tuh mas Muslih.

  35. Inna lillaahi wa inna ilaibi roojiuun

  36. ya namanya orang memiliki pemikiran yg beda2 faham yg berbda aliran yg brbda pula . Mungkin pepatah jawa ada benarnya juga :wong sengit kena pengungkit wong seneng kenang pengalem; sebaik2 kta akan di cari kesalahan kta sburuk2 kta akan slalu di sanjung olh kta. Trgantung pada suka atau tidak suka pada orang trsbut.

  37. ga prlu ribut2 sdikitpun gusdur ga ada salah dia ma”shum,nabi dan rasul ga sema’shum dia.

    • ckckckckck

  38. InnaLillahi wa inna ilaihi Raji’un..
    *untuk tulisan ini* 😝

    • Kenapa mba/mas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: