SD Islam NDM Kauman Solo


SD Islam NDM Kauman Surakarta

SD Islam NDM Kauman Surakarta

SD Islam NDM Kauman adalah sebuah sekolah dasar Islam yang berada di bawah naungan Yayasan NDM. NDM sendiri merupakan kependekan dari Nahdhotul Muslimat. Nahdhotul Muslimat memiliki arti kebangkitan wanita Islam. Awalnya, NDM mengkhususkan diri pada pendidikan Islam terhadap pra wanita Islam (baca: muslimah). Mulai dari tingkat SD / MI, SMP / Mts, dan Muallimin, keseluruhan muridnya hanya berisi para muslimah saja. Namun, mulai kisaran akhir tahun 80an atau 90an awal (dataku masih kurang valid, tolong jika ada yang punya data lebih valid lagi, kasih tahu aku), sekolah ini membuka pendaftaran bagi murid laki-laki.

Aku kurang terlalu tahu kapan pertama kali NDM berdiri. Dari cerita ibu guruku bernama bu Munzayanah, yang ketika itu sudah sepuh, NDM telah ada sejak sebelum kemerdekaan bahkan sebelum masa pendudukan penjajahan Jepang. Para aktivis NDM ketika itu terdiri dari para putra-putri juragan batik dan istri-istri kyai-kyai Kauman dan Laweyan yang juga para pengusaha batik. Jika para suami aktif di organisasi-organisasi Islam seperti Syarikat Islam dan Al Islam, maka para muslimahnya juga berdakwah melalui pengajian dan pendidikan di NDM.

Sebelum tahun 1990-an, konon NDM sempat mengalami masa kejayaan. Murid-muridnya banyak yang datang tidak hanya dari Solo saja, namun sampai ke Jawa Timur. Konon hal ini disebabkan adanya kemiripan nama dengan Nahdhatul Ulama sehingga NDM dianggap berafiliasi kepada NU. Padahal, NDM justru lahir bukan dari para tokoh-tokoh NU Solo dan tidak memiliki hubungan organisasi sama sekali dengan NU atau Muhammadiyah. Setelah NDM diketahui bukan bagian dari afiliasi organisasi NU, maka santri-santri dari Jawa Timur pun mulai habis hingga tak tersisa sama sekali. Wallahu a’lam.

Waktu aku masih SD, bisa dibuktikan bahwa dalam masalah keislaman, SD ini mengalahkan hampir semua sekolah-sekolah Islam di Solo termasuk SD Muhammadiyah yang lebih mapan sekalipun. Mungkin, hanya SD Ta’mirul Islam saja yang boleh dibilang seimbang dengan kami dalam pembelajaran keislamannya. Ketika SD – SD Islam lainnya melupakan dasar-dasar ilmu keislaman, SD NDM sejak SD telak mengajarkan Mahfudzot, Ilmu Hadis, Hafalan Hadis, Ilmu Tajwid, Hafalan Al Quran, Ilmu Tafsir, Tafsir al Quran, Bahasa Arab Muhadatsah, Imla’, menulis arab Khot, Tarjamah Lafdziyah Quran, Nahwu, Shorof, Fiqih, Ilmu Fiqih, dan Sejarah Islam. Sayangnya, jika dasar ilmu ini tidak diteruskan melalui pendidikan pada jenjang berikutnya maka ilmu itu akan terlupa dan hilang menguap. Itu pula yang terjadi padaku, yang merasa gelo karena melupakan ilmu-ilmu hebat itu.

Hingga kini (2009) aku tidak tahu telah berapa orang yang lulus dari didikan guru-guru NDM yang hebat dan ikhlas dan menjadi orang besar dengan keimanan yang semakin kuat. Salah satu alumni SD NDM ada yang bernama Aisyah Baraja’ yang dulu akrab dipanggil Kak Icun. Ia merupakan istri dari ustadz Abu Bakar Ba’asyir. Ibu dari Abdurrahim dan Ustadz Rosyid Ridho.

Guru-guru NDM memang kuakui luar biasa pengabdiannya pada murid-muridnya. Seingatku, hanya kepala sekolah dan satu orang guru saja, bernama bu Ngatini yang PNS. Sementara lainnya merupakan guru honorer atau guru tetap yayasan yang gajinya kini tidak lebih dari 1 juta bahkan 500 ribu pun mungkin tak terlalui. Ketika aku masih sekolah di sana, aku masih ingat kepala sekolahku bernama Bp. Slamet yang mengajar dengan motor Yamaha tahun 1970 berwarna merah. Kemudian, ia digantikan oleh Bp. Sya’roni yang sekitar 3-4 tahun lalu pensiun. Kini, kepala sekolah SD NDM dijabat oleh Bp. Agus Salman.

Pernah suatu kali guru kami bertutur memberikan nasehat dan motivasi agar kami selalu berprestasi dan menggantungkan cita-cita setinggi langit. Namun, prestasi yang terbaik menurut beliau adalah jika kami mampu menjadi orang yang beriman dan bertakwa dan memberi wangi serta menafaat bagi agama Islam. Mudah-mudahan motivasi, harapan, dan amanah besar itu bisa dijalankan dengan baik oleh para alumninya termasuk aku.

Iklan

31 Tanggapan

  1. Sekolah ini bahkan saya pernah dengar terkenal sebelum tahun 1965. Santrinya berasal dari luar daerah Solo. Salam dan kunjungi balik aku di http://www.vtrediting.wordpress.com
    Salam ku untuk rekan-rekan di Solo.

    • oh ya? masalahnya sy br lahir di tahun 1986 bang…
      sy sndiri jg sdh tdk di solo saat ini.

  2. […] SD Islam NDM Kauman Solo Dalam Penaku […]

  3. teks doa islam upacara bendera SD

    • @Asep: maksude gmn tuh?

  4. Alhamdulillah…
    Terharu saya membaca artikel ini. Semoga menjadikan doa dan semangat pengabdian yang tulus ikhlas bagi para guru-guru SD NDM (baik bagi guru lama ataupun guru baru) tidak akan luntur bahkan lebih baik lagi..allahuma amin.

    • @Rofi’ah: owh, jd guru di NDM ??
      good luck !

  5. Alhamdulillah…,
    setelah saya mencari-cari akhirnya ketemu juGa dengan situs yang aQ cari…,
    Ea mudah-mudahan apa yang dicita-citakan oleH para guRu yang telaH membimbing kita dapat teRcapai…,
    Miss u SD NDM….,

    • @Upid: emangnya nyari situs apa??
      doanya: amiiiiiiiiiiin

      alumni juga?
      th berapa lulus?

      • ea nyaRi situs tentang SD NDM…,
        kangen byud sama teman-teman, Hehehe…,

        saya Alumni tahun 2005

  6. Alhamdulillah…. Duh bahagianya ketemu dg sdr-sdr yg peduli dengan NDM tercinta. Gimana nih, ada yang tau perkembangan almamater kita ini ndak… Setuju banget kualitas pendidikan insya Allah tidak kalah dg sekolah lain. Malah justru sarat dg pendidikan agama plus umum. Tapi kenapa perkembangannya begitu lambat? Apakah ada yang mst dibenahi agar siswa dan guru serta karyawan makin semangat untuk memajukan sekolah ini… Mari kita bantu pikirkan apa yang mesti dilakukakn untuk NDM kita ini agar makin maju dan terus “bangkit” sesuai namanya… Salut untuk mas fikri, udah menyediakan wadah ini. makasih ya… Saya alumni tahun 1980 an.

    • @Upid: owh 2005? brati sempet kuajar ya?

      @Rohmi: weh, 1980? brati sy blm lahir..
      😀

      • yaah, sekarang kan udah lahir to… kenalan deh….tapi kita pernah ketemu lho… yaaa, aku temen bulikmu baroroh. Aku yang bukain pintu wkt situ berkunjung ke rumah ibuku di siang bolong…. aku ada ide nih untuk ngumpulin alumni ndm di blogmu ini. Dari arikelmu kayaknya kamu alumni ndm yang sgt peduli juga dg ndm yo… aku usul bikin koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota,, tentu aja yang berbasis syariah islam to. aku berharap semua ikut terlibat di dalamnya, guru, murid, karyawan, alumni, pengurus dan mudah-mudahan jg melibatkan masyarakat di sekitar ndm. siapa yang setuju ???? ada niat dan kemauan, kalau kita berikhtiar, insya Allah akan ada jalan

  7. senasib dengan sunniyah

    • maksudnyaa apa tuch…?

      • SD yang sama2 sepi muridnya, saya sempat mampir di sono setaun

  8. yaaah begitulah… pertanyaannya, masak sd kt gak bs rame…. mari kita turut bantu..

    • @Rohmi: klo sy sih rame atau tidak itu urusan belakangan…
      yg penting nomor satu adl adanya komitmen dr yayasan, pengajar dan seluruh staff utk memiliki semangat menyampaikan ilmu / mengajarkan ilmu dg dilandasi keikhlasan dlm bekerja demi tujuan keimanan dan takwa. (ini bukan berarti menafikan sisi honor para guru-nya lho).
      kedua, jika ada komitmen itu dulu, mk insya Allah Allah pasti akan memberikan kecukupan bg sekolah ini. Langkah berikutnya adalah mendidik murid2nya dg baik shg bs menghasilkan prestasi.
      Murid yg sedikit secara umum akan lbh mudah utk dididi dan diarahkan. Tentu saja memang faktor input sdm itu jg penting.
      jika diantara sebagian kecil murid2 itu -katakanlah- mampu berprestasi, mk hal itu akan memicu org lain utk menyekolahkan anak2 mereka ke sekolah sederhana ini.

      kuncinya lbh kpd ke-khas-an sekolah ini drpd sekolah lain. yg dulu sy rasakan adl sekolah ini satu2nya sekolah islam yg ngajarin bhs arab dg segala cabang2 ilmunya, dan ilmu2 alat dlm khasanah ilmu keislaman. Barangkali ta’mirul islam yg di atas ndm saja di solo.

      wallahu a’lam

  9. hehehehe….. insya allah bakal moncer lagi kok ndm. Alumni tahun berapa ya….. kayaknya tahun 90an heheh

  10. sy alumni 2002…
    alhamdulillah di sd ini saya di tempa berbagai macam ilmu agama yg benar2 menjadi ilmu dasar bagi saya dalam mendalami ilmu pengetahuan khususnya dalam Islam… takkan terlupakan berbagai macam pengalaman di sana selama 6 tahun walaupun kala itu sy masih kecil… guru2 nya pun luar biasa hebatnya… bagi saya tidak ada yg lebih baik dr sd ini.. & saya merasa beruntung sekali bisa menimba ilmu di sekolahan yg sederhana ini, namun menyimpan jutaan makna

  11. ak cari yang angkatan 1985/1986 lulusnya, bisa bantu?

    • assalamu’alaikum gmn kabar e dyah

  12. InsyaAllah ini teman2 alumni th 1985/1986, munifa,eliya,nafisah arab,nafisah nurul hidayah,napsiah,munik,erma,eni,umi afifah,mutmaini,syafaah,nurafiyah,fitria,nurbayani,nurni,lailatul,nurlaila,alfiah trihastuti,yustianti,rustina,titik fatimah,isma,nikmah,upik ros,dyah,tyas dan asih

  13. saya lulusan 2004 🙂

    • aku lulus thn 2003..

  14. saya Alumni NDM, tp bukan dari SD nya dari TK NDM Kauman, saya pernah juga mengabdi di TK NDM KAuman sebgai guru selama 8 thn. salam kenal….

  15. yahayyy…
    bangga saya sebagai alumni sd ndm. 😁😁😁😁😁😁😁

  16. Saya salah satu alumni siswa SD NDM, saya masuk th 1982, dan sebagai tambahan keterangan SD NDM pertama kali menerima siswa putra th 1981, tepatnya 1tahun sebelum saya masuk

    • terima kasih atas tambahan infonya

    • Watik…ingat aq?..minta kontakmu klo boleh

  17. Aku angkatan kedua dibukanya murid laki laki di sd ndm ini,kakak kelasku khudori,alif,apri,sholeh.seangkatanku bukhori,syamsul,farid luthfi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: