Perjalanan Malam Dari Jakarta ke Solo Naik Kereta


Aku masih ingat saat pertama kali ke Jakarta sendirian bukan barengan teman untuk wisata atau ke rumah kerabat keluarga. Berangkat pukul 19.00 dari terminal naik bus XXXX, sampai di Ciputat (UIN Jakarta) pukul 14.30 WIB hari berikutnya dalam keadaan perut kosong hanya modal satu bungkus Mie Sedap yang disantap dari rumah bokap nyokap sehabis maghrib. Kala itu, aku menghadiri undangan wawancara sebuah lembaga pengelola zakat, infaq, & shodaqoh cukup ternama di Indonesia. Sehari menginap di rumah kerabat jauh di daerah Ciputat, aku memutuskan untuk tidak melanjutkan proses interview berikutnya karena kumerasa tidak nyaman saja. Sepanjang perjalanan naik bus P.76 patas AC trayek Ciputat-Ps. Senen, aku memperhatikan daerah-daerah yang kulewati. “Ah, jangan sampai dech dapet kerja di Jakarta” kataku dalam hati.

Beberapa bulan berikutnya tepatnya tanggal 23 Juni 2009, doaku tidak terkabul. Justru di Jakarta-lah aku harus mengawali langkah bekerja secara formal. Mau ndak mau, suka ndak suka, aku harus ke Jakarta, kota pelatihan orang bermental baja, menurutku.

Sejak Juni 2009, beberapa kali aku pulang ke Solo untuk sekedar melepas rasa kangen di dada kepada segenap keluarga dan para temanku tercinta. Pengalaman 4 kali pulang dari Jakarta ke Solo, cukuplah kiranya untuk berbagi pengalaman dengan kawan-kawan di dunia maya. Kendatipun aku baru 4 kali saja mengadakan perjalanan pulang dari Jakarta ke Solo, tapi aku telah memperoleh beberapa ilmu dari beberapa kawan di dunia maya, di atas kereta, di atas bus, dan di beberapa tempat lainnya.

Awalnya, aku tidak berniat menulis ini, namun oleh dorongan kawan, ku coba berbagi cara yang kuterima setelah memperoleh “ilmu” dari para maha guru transportasi. Maksudnya sih memberikan gambaran bahwa jika mau ke Jakarta atau pulang dari Jakarta itu sebenarnya banyak sekali cara dan alternatifnya. Nah, beberapa alternatif cara yang kuceritakan nanti merupakan beberapa cara yang ku tahu saja. Mungkin dan aku yakin pasti ada lagi langkah atau cara lain yang tak kuketahui, minimal belum kuketahui. Oleh karena itulah mari kita berbagi….

Biasanya, kalau ingin pulang ke Solo misalnya, sarana transportasi paling favorit adalah kereta (api). Survey membuktikan bahwa kereta memang sarana paling favorit dipakai oleh masyarakat di Jakarta dan Jawa secara umum.

Beberapa kawan yang ingin ke Solo, rata-rata akan mencari tiket kereta jurusan Solo langsung, baik yang kelas Ekonomi, Bisnis, atau Eksekutif. Tak salah memang. Alternatif pertama pulang ke Solo dari Jakarta bisa naik kereta api Argo Lawu dari Gambir yang berangkat pukul 20.00 WIB (jika tidak salah). Tentu tarifnya cukup tinggi dan tidak bisa dipastikan berapa harga nominal tiketnya mengingat kebijakan harga tiket melihat animo penumpang. Jika pas tiba hari-hari libur panjang harganya akan dinaikkan, jika hari biasa yang sepi penumpang harga akan diturunkan. Begitupula jika anda memilih Senja Utama Solo sebagai sarana pulang menuju ke Solo. Harganya pun akan menyesuaikan keadaan. Hanya saja, harg tiket kelas Bisnis ini lebih bisa diprediksi. Kisaran tarif harga tiketnya antara 100.000-160.000,-. Tarif Rp. 160.000,- diberlakukan seperti ketika masa-masa libur lebaran hari idul fitri. Namun, seringnya jika anda bepergian pada hari-hari Jumat, Sabtu & Ahad tarif rata-rata biasanya sebesar Rp. 110.000,-. Alternatif terakhir jika saudara tidak memiliki kocek yang cukup besar, kelas Ekonomi dengan kereta Bengawan-nya akan siap mengantar kita pulang dari Stasiun Tanah Abang ke Solo. Jangan tanya berapa tiketnya. Semua kalangan kemungkinan besar bisa dengan mudah menutupnya, hanya Rp. 37.000,-. Murah khan? Selengkapnya, beberapa alternatif pilihan naik kereta ke Solo, klik di sini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: