Meskipun 0% Alkohol, Bintang Zero Tetaplah Minuman Haram


Bir Bintang Zero (Tetap Haram)

Bir Bintang Zero (Tetap Haram)

Meskipun 0% Alkohol, Bintang Zero Tetaplah Minuman Haram

Beberapa waktu lalu, perusahaanku mengadakan rapat kerja pimpinan (Rakerpim) di kawasan Puncak-Bogor. Aku kebetulan ikut serta dalam rombongan sebagai pembantu umum. Entah karena hawa dingin atau memang sudah kebiasaan, panitia membeli 2-3 kardus karton produk minuman merk Bintang Zero (lihat pada gambar). Hampir semua peserta pun disuguhi minuman yang katanya mengklaim diri 0% alkohol. Aku juga disuguhi satu kaleng. Untuk penghangat badan, katanya. Aku hanya tersenyum menerimanya. Benarkah Bintang Zero berkadar alkohol 0% dan halal dikonsumsi?

Jauh-jauh hari sebelumnya dahulu, aku sudah pernah membaca artikel tentang hal seperti dalam kasus Bintang Zero. Tidak setiap minuman yang mengklaim bebas alkohol akan menjadi minuman halal begitu saja. Pada prinsipnya, sebuah minuman yang bebas alkohol kalau rasa, bentuk, dan aromanya sama persis seperti minuman haram (khomr) maka minuman itu otomatis menjadi haram. Hal itu dikarenakan minuman yang nampak ‘halal’ itu sebenarnya merangsang orang untuk mencoba dan mencicipi minuman haram dengan cara membuat aroma dan rasa yang dibuat semirip-miripnya. Demikian seingatku artikel panduan halal itu aku baca di sebuah media cetak.

Lebih dari itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga setahuku telah menerbitkan keputusan atau semacam pengumuman (ta’limat) bahwa Bintang Zero tidak halal. Kendati kadar alkoholnya diperas sampai 0%, namanya bir, ya, tetap saja bir. Begitulah kesimpulan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terhadap Bintang Zero. Alasan MUI tidak menghalalkan Zero Bir salah satunya adalah lantaran citra rasa dan aromanya masih berasa bir sehingga MUI menyatakan bir itu tetap haram bagi umat Islam.

Parahnya lagi, setelah MUI melakukan penelitian atas Bintang Zero, minuman yang dalam dalam iklannya menyebutkan mengandung 0% alkohol ternyata tetap mengandung khamar. Jadi, dengan sendirinya tetaplah minuman haram.

Nampaknya, apa yang dilakukan oleh perusahaan produsen Bintang Zero itu hanya melakukan trik-trik iklan untuk pembentukan opini masyarakat demi jualan produk agar bisa laris.

Akhirnya, minuman itu pun kubuang ke dalam sampah. Aku tidak meminumnya dan ternyata aku juga tidak terlalu merasa kedinginan di Puncak saat itu. :)

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

About these ads

33 Tanggapan

  1. Apakah untuk menghangatkan tubuh di udara dingin hanya bisa dengan minuman keras? :(
    Itu saja sih pertanyaan saya. :D

  2. betul mas, sy jg pernah baca artikel itu, dan kalau ndak salah prosesnyapun sama persis dgn pembuatan yg beralkohol lebih dari 10%, jd ga ada bedanya! begitulah kaum kafirin mencoba mengelabui kita..

  3. Bisnis kalau nggak didasari dengan pengetahuan ilmu agama memang bisa semaunya. Yang penting menguntungkan. Makanya kalo beli minuman di tempat Ida ajjah, nggak akan dikelabui daninsya Allah, halal :)

    Ida R

  4. :shock: <— sering minum
    terima kasih infonya fik!

  5. Mending minum air zam zam sudah jelas manfaatnya :)

  6. Alhamdulillah, terima kasih infonya ..
    hampir saja aku minum tuh BINTANG ZERO … hihi akhirnya ga jadi … makasih

  7. terimakasih terah memberitahukan saya bahwa bintang jero yang di jual diwarung2 itu haram…………..

  8. aduh.. ini aaq lg minum langsung. gk enak gini rasanya.. astaghfirullah.. buang ah..

  9. saya pribadi anti minuman beralkohol tapi anti islam yang tafsirnya ngarang sendiri. yang haram tu MUI nya..kalo ngak dikasih pelicin semua haram, kasus ini sama dengan miwon yang menggunakan enzim babi..kok sekarang jadi halal? patokan pada Al quran dong bukan pada MUI, Al quran itu dari Allah MUI itu manusia yang juga punya kebutuhan pribadi. jangan terlalu cepat menyimpulkan itu seuzon namanya!

    • Yup bro bener banget, apa yang dikatakan oleh MUI tidak selalu benar.Ya yang pasti benar adalah ALQURAN, jangan kita mengharamkan sesuatu yang tidak diharamkan Allah hanya karena kepentingan golongan.yang bikin haram bukan rasa atau citra, tapi lebih pada sifat bahan dan cara mendapatkannya.jika sifatnya tidak memabukkan dan kita beli bukan nyolong ya ga haram menurut saya

    • Setahu saya dulu kasusnya adalah Ajinomoto…sekarang jadi halal, karena mereka sudah menggunakan enzim yg halal…dulu mereka ganti supplier…Sebelumnya pun sebenarnya jg sudah halal…tp tiba2 suatu hari mereka ganti enzim yg mengandung babi.

    • setuju mas

  10. Apakah bnar kalau bintang zero ini bisa menggemukan badan

  11. katrok kali agama islam kalau begini, lucu sekali mendengar kalimat “walau tidak beralkohol, asal rasa, rupa bentuk sama dengan minuman beralkohol, maka haram”
    pantaslah islam dicemoohkan terus jika umatnya mengeluarkan kata-kata semacam ini

    • mungkin mereka lihat label BINTANGNYA itu lho yg asosiasinya ke alkohol. lha klw saya lebih baik masak dg minyak ayam cap babi drpd dg minyak babi cap ayam.

  12. yg haram itu alkohol kalo d minum. Tuh tape mengandung alkohol.tu baru haram

    • Pahami dengan seksama baru berkomentar
      ini ane kasih link info untuk pengetahuan http://www.konsultasisyariah.com/bir-haram/#axzz2IggEYFCg

  13. setau saya bintang zero itu hanya seperti minuman bersoda biasa selayakanya cocal cola, sprite, fanta dll…. beda sekali dengan bir yang ada alkohol dan membuat tubuh menjadi hangat / panas sedangkan bintang zero sama sekali tidak berfungsi untuk membuat tubuh menjadi hangat / panas. Kesimpulan saya sih bintang zero hanya sekedar nama saja, rasanya pun sangat berbeda dengan bir asli, rasanya cenderung manis seperti halnya minuman bersoda biasa.

    Saya agak tidak setuju kalau minuman ini dianggap haram karena rasanya seperti bir atau berfungsi sebagai penghangat tubuh secara kriteria itu tidak ada dalam bintang zero sendiri

    Thanks

    • Setelah diteliti di Lab…hasilnya tidak 0% alcohol seperti yg diiklankan…memang kadar alcoholnya rendah sekali tapi kan tetap saja ada…berarti ya khamr

  14. lebih baik memakan dan meminum barang yang di beri label “Hallal” saja dari MUI…mudah kan:)

  15. dari link yang di anjurkan saya pahami dan sya pernah dengar Hadist tersebut waktu di madrasah. namun tetap saja khamr itu adalah berbagai jenis minuman yang MEMABUKKAN.
    Namun 0% alcohol yg katanya dimiliki si Bintang zero ini yg katanya ada yg berpikiran tetep aja ada alcohol nya.. tapi pada fakta nya itu memabukkan tidak? sama sekali TIDAK. mau diminum berapa kaleng juga minuman tersebut sama seperti minuman malt,soda,karbonasi seperti merk2 lainnya. saya sudah teliti ketika sedang berkumpul dengan 2 org teman saya yang pure 100% non alcoholic dan mereka membeli serta meminum minuman ini masing2 saya perhatikan sekitar lebih dari 3kaleng. PERMASALAHAN :
    1. jika minuman ini yg katanya ada kandungan alkohol katakanlah sekian persen pastinya teman saya sudah terkapar krn sama sekali tidak terbiasa apalagi mencicip minuman dengan alkohol. apalagi diatas ada yang bilang kandungan alkoholnya lebih dari 10% waduh ga kebayang apa yg terjadi dengan teman saya nantinya.
    2. jika dikatakan takut bersaing di pasaran bila minuman ini memang harus memasang logo tulisan kadar kandungan alkohol sama sekali Tidak. krn yg sy lihat ada merk minuman yg memasang kandungan alkohol 0,4%pun tetep banyak aja tuh yg beli. :D yaa namanya orang..
    Dan apabila benar ternyata bintang zero mengandung alkohol gitu masa iya tidak ada penggugatan krn melakukan penipuan penjualan. dan masa iya FPI tidak gerah melihat minuman ini sudah banyak di jual di warung2 kaki lima pinggir jalan,pasti udah di obrak-abrik dah tu. tmpt karoke yg sopan aja di obrak-abrik
    3. Tape juga mengandung alkohol loh. dan ternyata (katanya sih) buah2 yang biasa dimakan seperti apel gitu juga ada kandungan alkohol loh meski hanya beberapa atau mungkin krn proses produksi ke pasar sudah tidak alami. nyatanya apa kalian tidak pernah memakannya ?? hehe Allahu alam

    Nah sekarang tinggal di pikir jernih-jernih aja dalam proses menjudge suatu produk yg notabennya untuk konsumsi.

    dan pertanyaan saya. apa makanan atau minuman yg ternyata mengandung kadar alkohol sedikit, tetapi TIDAK memabukkan juga Haram? karena kan pada hadist,dalil keteerangan yg Haram hanya yg memabukkan saja.
    Maaf kepanjangan wassalam..

    • setuju mas

  16. tapi, aku pernah minum bintang zero nggak mabok tuh ,, baru bintang merah yg mengandung alkohol 4.7 %

  17. Bener tuh penjelasanya mas Ridho. Lhawong B.Zero kok kandungan e alkohol 10%+ trus di jual di pasaran brapa 1 kalengnya, alkohol tinggal ambil di empang kali di jual murah.

  18. misalnya sudah di minum.. tetapi belum mengetahui nya gpapa kan.
    .

  19. rum sintetis jg sama haramnya dg rum asli. Bintang zero jg sama haramnya dg bintang. Berhati2, wara’, itu lebih utama. Yg halal tdk dicampur dg yg haram, itu makna kehati2an. Kalau pun besok ada bintang cola, itu akan sama saja lebih baik dihindari. Yg halal masih banyak dan lebih dari cukup kok.

  20. kalo aq mah bodo amat yang penting gak smpk mabuk. . . pendapat orang kan beda2. . .selama ini aq minum bir bintang zero gak pernah ngerasa pusing apalagi mabuk. . .

  21. kalo ragu yah.. ditinggalkan saja…..

    • masih banyak minuman khas indonesia…..

  22. hadeh pusing ane,,,, Rupanya Nikmat Allah masih diragukan, sehingga masih minum minuman yang bermasalah, mendingan aku minum air kelapa yang jelas2 Halalll Lal Lal dan Lal

  23. tiap orang berhak berpendapat dengan pilihan masing-masing. tapi ingat ya setiap pilihan ada pertanggungjawabnnya di akhirat kelak. dan yang ragu-ragu itu baiknya ditinggalkan. karena sesungguhnya tidak ada pilihan abu-abu, yang ada hanya hitam atau putih.

  24. sucofindo, BPOm, bea cukai menyatakan minuman ini bebas alkohol.
    FYi, MUI jualan label halal.
    Klw anda masih ragu, anda mesti konsisten dg prnyataan MUI : jangan makan hokben dan breadtalk !!!

  25. khomar=yang memabukan. kalo ga mabuk berarti bukan khomr. minum bir kadar alkohol dibawah 10% ga bakal mabuk kalo sedikit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 90 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: