Belajar Ijab Qabul Dalam Akad Nikah


Belajar Ijab Qabul Dalam Akad Nikah

Dalam candaan, sepertinya kita (baca: aku) sering menirukan kalimat lafadz ijab qabul dalam akad nikah. “Saya terima nikah dan kawinnya bla..bla..bla.. dengan seperangkat alat sholat… dst,” demikian misal contohnya. “SAH,” ucap kita. Selidik punya selidik, belajar dari pengalaman menyaksikan ijab qabul dalam akad nikah kawan-kawanku, ternyata hal yang nampak sepele ini tidak seperti yang nampak. Sering sekali dalam pembacaan ijab qabul seperti itu harus diulang beberapa kali sehingga bisa dijawab oleh para saksi dengan jawaban “SAH”. Setidaknya diulang dua kali. Aku lebih banyak menyaksikan pengucapan ijab qabul yang diulang daripada yang hanya satu kali langsung “SAH”.

Mengingat hal-hal di atas, bagi kita yang belum menikah atau yang hendak menikah untuk kedua kalinya atau seterusnya, aku mengajak agar kita belajar mengucapkan lafadz ijab qabul yang benar melalui pembelajaran dari kesalahan-kesalahan orang di sekitar kita. Kita berharap kesalahan-kesalahan di bawah ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita sehingga kita bisa mengucap lafadz ijab qabul yang benar dan tepat hanya dengan sekali saja.

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

About these ads

5 Tanggapan

  1. orang nikah yang utama harus siap fisik dan mental

  2. lah emang boleh yak buat belajar? bukannya jd kyk main2an gtu?? :O

  3. asli kocak nih……

  4. ‘ bagus juga buat belajar..
    pernikahan itu sakral jadi gagboleh main2..

  5. kok dri smwa tex q baca, tp kok knpa gk ada yg pke mas kawin sperangkat alat sholt ea, yg ada mas kawinnya emas brapa gram gto, yg sring sy dger ada-sprangkat-EMas-uang tunai,
    gmana ngucapinya toh,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 91 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: