Sedikit Kritik & Saran Untuk FIlm Animasi Luk Songo


 

 

Salah Satu Adegan Dalam FIlm Luk Songo

Salah Satu Adegan Dalam FIlm Luk Songo

Overall, film animasi Luk Songo secara gambar bagus. Namun kalau boleh memberikan kritik yang membangun, ada beberapa kritik sekaligus saran bagi sang pembuat.

Pertama, dialog antara para tokoh di dalam film terkesan datar dan terlalu kental logat bahasa Jawa ala suroboyoannya. Secara tidak langsung, hal ini sedikit mengurangi ‘rasa’ film yang bagus ini.

Kedua, beberapa adegan nampak terlalu cepat sementara adegan lainnya justru terlalu lambat sehingga menjadi kurang seimbang. Misalnya adegan saat guru Joko Aji dibunuh terkesan terlalu cepat, sementara adegan menolong selalu terkesan terlalu lambat. Baik adegan saat menolong Mayang maupun bocah yang ternyata siluman.

Ketiga, penggunaan kostum. Jujur aku tidak mengerti apakah pemilihan kostumnya tepat atau tidak. Kalau boleh jujur, aku merasa janggal dengan kostumnya. Misalnya penggunaan kostum kaos ketat, peci bundar, dan jubah oleh Joko Aji dan Rachmad. Apakah sesuai dengan setting waktu yang diinginkan?

Keempat, setting waktu. Mengenai setting waktu di dalam film nampak tidak terlalu jelas dan detail digambarkan. Menurutku, setting waktu ini penting karena akan memberikan informasi serta korelasi dengan kostum dan hal-hal terkait lainnya.

Kelima, postur tubuh. Melihat penampilan postur tubuh Mayang dan ibu Joko Aji, Kok kesannya gimana gitu… he3x. Soalnya dua tokoh wanita tersebut digambarkan dengan ‘sangat’ menonjol (maaf) dadanya. :”>

Hmmm, kurasa itu saja sebagian kritik dan saranku. Semoga bisa menambah kualitas dan kreativitas animator-animator handal anak negeri. 

 

Bila anda belum nonton film Luk Songo, silakan klik di sini: Luk Songo

Ahmed Fikreatif

 

 “Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

 

 

About these ads

Satu Tanggapan

  1. semoga saja animator di Indonesia menjadi lebih baik lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 92 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: