Aneka Bentuk Nisan, Mau Pesan?


 

Nisan Mobil BMW

Nisan Mobil BMW

Aneka Bentuk Kijing, Mau Pesan?

Setelah selama beberapa hari ini aku mengangkat tema tentang sarean, njaratan, kuburan, atau makam dalam postinganku maka ada satu hal yang menarik untuk aku sampaikan perihal makam. Seringkali dan umumnya makam di Indonesia dibangun dengan batu nisan. Dalam masyarakat Jawa dikenal dengan istilah kijing. Pembangunan Kijing atau nisan biasanya -sejauh yang kuketahui- dalam tradisi beberapa orang di kampungku dilakukan setelah 1000 (seribu) hari meninggalnya seseorang. Nyewu, demikian sebutannya.

Di kalangan masyarakat Jawa terdapat kepercayaan adanya hubungan yang sangat baik antara manusia dan yang gaib. Seperti yang masih dilakukan oleh masyarakat Jawa, mereka mengadakan upacara tradisi Ngijing pada Upacara Selametan Nyewu. Tradisi ini merupakan implementasi kepercayaan mereka akan adanya hubungan yang baik antara manusia dengan yang gaib. Tradisi ini telah lama ada bahkan sampai sekarang masih tetap dilakukan. Tradisi Ngijing merupakan suatu jenis kebudayaan lokal tradisional orang Jawa. Dengan demikian tradisi Ngijing dapat diklasifikasikan sebagai kebudayaan Jawa.

Pelaksanaan tradisi Ngijing ini merupakan simbol ketaatan kepada tradisi leluhur sebagai penerus tradisi yang pernah ada. Di samping itu, tradisi Ngijing berfungsi menjaga pandangan masyarakat tentang status sosial seseorang.

Sebelum prosesi Ngijing dilaksanakan ada tiga tahapan yang dirangkai dalam tiga malam. Tahap pertama yaitu tahlilan yang dilakukan pada malam pertama dari tiga malam Tahap kedua yaitu malam kedua sebelum prosesi mengadakan yasinan. Tahap ketiga yaitu satu malam sebelum prosesi, orang yang berhajat mengadakan khataman al-Qur’an. Biasanya, tradisi Ngijing ini dilakukan pada hari keempat dengan bantuan warga setempat. Perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan dibawa termasuk nampan berisi sesajen.

Setelah keluarga yang punya hajat dan modin (ulama kampung) memulai memasuki area pemakaman. Tradisi ini diawali dengan do’a oleh modin dengan posisi di selatan makam, selanjutnya modin memulai pembongkaran makam dengan mencangkul tanah makam dengan dibantu beberapa warga secara bergantian. Penggalian makam terus dilakukan sampai terlihat pasak. Pasak yang terlihat tadi, kemudian diambil satu persatu dengan hati-hati dimulai dari pasak yang menutupi tulang kaki almarhum. Setelah semua pasak telah diangkat maka nampaklah tulang-belulang yang telah berusia seribu hari. Kemudian modin berdiri disebelah timur makam dan menghadap Qiblat lalu membacakan doa-doa keselamatan bagi si almarhum di akhirat dan bagi keluarga yang ditinggalkan didunia.

Setelah doa selesai dibacakan, mereka mulai menutupi liang makam dengan tanah dan meletakkan kijing di atas altar. Kemudian modin meminta orang yang paling tua dari keluarga yang melaksanakan tradisi Ngijing untuk meletakkan dua stupa kijing yang terletak di atas kedua ujung kijing. Pemasangan stupa kijing dimulai dari stupa kepala dengan di sertai kalimat doa berbahasa Jawa sesuai keinginan orang tersebut. Inti dari doa tersebut berisi tentang permohonan keselamatan almarhum di akhirat dan mohon akan bimbingannya di akhirat kelak. Selanjutnya, stupa kaki di pasang, maka lengkaplah proses pelaksanaan tradisi ngijing pada upacara selamatan nyewu.

Unsur-unsur animisme-dinamisme hingga kini pengaruhnya masih mewarnai sendi-sendi kehidupan mayarakat, terutama dalam ritualitas kebudayaan. Hal ini bisa diamati pada seremonial-seremonial budaya dalam masyarakat masih menunjukkan akan kepercayaannya terhadap makhluk supranatural. Meskipun demikian pada kenyataannya tradisi Ngijing tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat Islam. Sangat disayangkan.

Al-Imam Muslim telah meriwayatkan dari hadits Jabir radhiyallahu ‘anhu ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kuburan dikapur diduduki dan dibangun.”
Al-Imam At-Tirmidzi dan yg lain meriwayatkan dgn sanad yg shahih dgn tambahan lafadz: “dan ditulisi.”

Imam Syafii rahimahullah: “Makruh memuliakan seseorang hingga menjadikan makamnya sebagai masjid, karena ditakutkan fitnah atas orang itu atau atas orang lain, dan hal yang tak diperbolehkan adalah membangun masjid diatas makam setelah jenazah dikuburkan, Namun bila membangun masjid lalu membuat didekatnya makam untuk pewakafnya maka tidak ada larangannya”. Demikian ucapan Imam Syafii (Faidhul qadir Juz 5 hal.274). Wallahu a’lam.

Mungkin, salah satu alasan (hikmah) Rasulullah SAW melarang umatnya ngijing kuburan, bisa jadi disebabkan kekhawatiran beliau SAW akan berlebihannya sikap manusia dalam menghormati seseorang yang mati. Jika seorang muslim yang diatur sedemikian rupa oleh syariat Islam saja banyak yang melanggar peraturan-peraturan tentang penguburan, maka gimana dengan sikap orang-orang kafir? Beginilah sebagian gambaran mereka yang bersikap sangat berlebihan dalam membangun kuburan.

Source:

Tradisi Ngijing Dalam Kacamata Budaya

Tanggapan Mengenai Larangan Membuat Bangunan ataupun Membangun Masjid di Atas Kuburan

Google (untuk lebih tahu nisan-nisan aneh)

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

About these ads

24 Tanggapan

  1. hahaha… aya2 wae ni nisan.. :p

    • @Aqeela: kenapa Qee?
      mau ngikut pesen juga??
      :d

      • klu mau psn gmn?? alamat nya d mn??

  2. wa modelnya macem2

    • @ANdi: mau pesen mas???? :D

  3. Salut mas, anda aktif ngumpulin nisan. buat bekal jadi juragan nisan. hehe.
    salam

    • @Sastro: wkwkwwkkwk
      g mau ah jd juragan nisan

      g boleh bang..

  4. Saya pesan yang bentuk hape…. Hehehe

    • @Muhyasir: oke bang segera dikirim ke alamat tujuan
      alamatnya mn bang?
      knp milih ponsel bang??
      biar bs telpon2an ???
      :d

  5. ini kratif atau terlalu kreatif ya bro?? :lol:

    • @Jalu: klo sy nya insya Allah kreatif
      wkwkwkwwkwk
      klo yg bikin nisan kreatif semu keterlaluan..
      :d

  6. itulah yg saya sayangkan dari budaya animisme & dinamisme di Indonesia yang masih begitu kental. Berharaaapp…. banget para ustad/dai/ulama nyentil terus soal yg 1 ini.

    Masa’ kadang orang mati kesannya jadi lebih sakti dibanding orang idup sampe didewa2in sebegitu rupa? *sigh*

    • @De: setuju
      lha klo orang hidup berkata khan biasa
      klo yg berkata org mati istimewa
      mkanya dianggep sakti :D

  7. walah kupikir bicarain nissan mobil saat lihat gambar pertama

    ternyata nisan kuburan :mrgreen:

    • @r10: lha itu jg nisan lho kang yg gmbar pertamanya

  8. wih, udah mati masih punya wasiat pengen kuburannya keren :)

    • @Achoe: itu yg bikin org yg di dalam kuburanny sendiri lho :D

  9. pembuatan nisan dengan berbagai model hm :? kelihatannya menarik, punya daya seni, sampai2 tidak kelihatan seperti kuburan, mungkin dimaksudkan agar menghilangkan kesan angker/seram, tapi…jika begitu, fungsi kuburan beralih dong, apa pun itu yg penting kita tetap berpegang teguh pd agama, jika ingin menghormati org yg sudah tiada / menandai makam (kalau2 nanti akan dikunjungi kembali) setidaknya cukup ditandai dengan peletakan batu saja. Rasulullah SAW pernah menaruh daun-tp ada yg jg blg batu- di atas kuburan salah satu shbtnya, tp sbg penanda aja biar gak lupa makamnya dmn…

    overall, fungsi makam itu sendiri adlh sbg t4 pristirhatan terakhir dan mengingatkan kita (yg msh hdp) bhw yg hidup akan kmbli pada-Nya…

    wah panjang nih :D

    • @John: gpp panjang.
      bener mas,, memang salah satu hikmah ny seperti yg mas John sebutkan itu..

      bhkn mungkin jika sudh beberapa puluh th, bisa jd kuburan lama ditumpuk lg. Klo dibangun model batu2 gitu, susah mau nggusurnya.. :d
      blm lg ongkosnya yg mahal

  10. pesan 1 bang…gak pake lama ya.. :mrgreen:

    • @Sapta: pesen nisan ?
      mau cepet2 ya mas??

  11. Ya gitu kalu uang nya sisa sisa, Mau mati aja modal :D
    padahal masih banyak yang mau ngubur aja susah gak ada fulus buat beli tanah kubur yang hanya 2×1 meter :D

    • @Rasarab: mungkin itu permintaan terakhir atau impian yg tdk kesampaian:D

  12. mau tanya mas, kira” klo nisan untuk anak bentuk vw kodok untuk harga nya berapa ya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 96 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: