Kojom


KOJOM

Ini adalah beberapa hasil potretan-ku di berbagai kota saat jalan-jalan keliling. Temanya kukasih judul KOJOM. Bagi orang Jogja atau Malang, istilah KOJOM sudah pasti familiar. Setahuku istilah yang populer di dunia maya ini berawal dari bahasa gaul walikan khas kota Ngalam atau Jogja yang terbiasa dengan ukoro-ukoro alias kata-kata DIBOLAK-BALIK. So, sudah tahu dong arti “KOJOM” ? Yupz, bener sekali. KOJOM artinya MOJOK. Masih banyak istilah-istilah yang populer dari model bahasa gaul walikan ala Ngalam dan Jogja.

Khusus walikan khas Jogja, agak lebih sulit membuatnya karena berkaitan dengan aksara Jawa (Jowo). Bahasa telik sandi di zaman perang kemerdekaan yang kemudian justru populer di kalangan anak muda Jogja antara lain DAB yang berarti MAS dan DAGADU yang berarti MATAMU. Istilah yang terakhir, DAGADU, bahkan menjadi merek dagang kaos oblong terkenal aseli Jogja yang penuh tulisan dan pesan kocak, unik, menggelikan dan penuh makna.

Kembali kepada aktivitas KOJOM sesuai judul di atas, istilah ini kemudian dalam perkembangannya menjadi populer di dunia per-chatungan. Pada saat itu chatting terkenal dengan MIRC. Kegiatan obrolan (chatting) berduaan di MIRC itulah yang kemudian disebut dengan istilah KOJOM. Dalam perkembangannya, istilah KOJOM semakin populer hingga banyak digunakan dalam dunia persilatan maya. Jadi, istilah KOJOM atau KOJOM-an (diberi akhiran -an) pada sejarahnya -setahu penulis- berawal dari bahasa gaul tongkrongan jaka-dara JogjaJaya (eh Jogjakarta maksudnya) yang kemudian berkembang di komunitas maya MIRC pada channel #Yogyakarta. Dan setelah perkembangan dunia internet yang mengglobal, istilah KOJOM pun ikut pula mengglobal hingga ke seluruh Indonesia bahkan dunia (halah, mulai deh lebay..). Salut deh buat jaka-dara Jogja atas sumbangsih kosakatanya.

Nah, berbicara tentang kegiatan KOJOM dalam makna yang sebenarnya, kali ini aku ingin berbagi foto hasil bidikan kameraku kepada seluruh jaka-dara, bloggerwan-bloggerwati, serta semua orang yang ada di dunia maya. Berikut beberapa lembar potret aktivitas KOJOM yang berhasil kubidik dalam beberapa waktu lalu:

Foto Pertama, kegiatan KOJOM yang dilakukan dua sejoli di taman kota Solo sambil main laptop ber-hotspot ria. Anehnya, meskipun kedua muda-mudi itu ber-KOJOM namun disaksikan oleh orang di sekitarnya, tidak ngerasa gerah atau gimana gitu. Keduanya merasa nyaman-nyaman saja.

Foto kedua di atas diambil tidak jauh dari lokasi foto pertama. Sepasang siswa dan siswi SMA. Masih pakai baju seragam pramuka. Keduanya KOJOM main hotspot sampai nglesot. Dan dari jarak sekitar 2-3 meter, mereka berdua tidak ngeh saat kupotret. Hehehe. Anak muda jaman sekarang cuy.

Sementara untuk Foto nomor tiga di atas kuperoleh saat berjalan di belakang Masjid Salman ITB. Saat tengah lewat, ada pemandangan yang menarik untuk kuabadikan melalui kamera digital. Sip. Keduanya lagi-lagi tak tersadar saat kupotret dari belakang.

Untuk foto nomor empat di atas, kuambil di taman Fakultas Hukum UNS Solo. Para mahasiswa terlihat KOJOM, lagi-lagi ber-hotspot ria.

Nah, foto nomor lima di atas, merupakan contoh kegiatan KOJOM yang positif. Biasanya, kegiatan KOJOM nomor lima di atas kalau bukan kegiatan KOJOM halaqah para aktivis dakwah, ya berarti rapat organisasi, atau sekedar diskusi kelompok. Kalau foto yang di atas ini di depan masjid Salman ITB.

Foto keenam merupakan KOJOM tidur yang dilakukan oleh seorang bapak. Bapak tersebut tidur di sudut stasiun Hall Bandung. Kupotret sekitar pukul 02.30 WIB (Waktu Indonesia Bandung).

Sementara foto ketujuh, menurut kalian termasuk kegiatan KOJOM nggak?

 

Demikian beberapa hasil bidikan kameraku perihal KOJOM. Anda punya foto serupa, boleh dong berbagi-bagi… He3x.

NB: buat fakir-bandwidth, maafin gw yah karena posting kali ini banyak gambarnya. :D

Ahmed Fikreatif

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

About these ads

12 Tanggapan

  1. Huahahahaha, KOJOM kelima, yang di Salman itu, ada temen saya!! :lol: Yang cowok, kedua dari kiri ngadep kamera, temen saya seangkatan!! :lol:

    Yang terakhir itu bukan KOJOM, tapi BUKNYA. ^__^
    *
    *
    *
    *
    *
    *
    *
    *
    *
    BUKNYA itu NYABUK… :lol:

    • @Asop: oh ya?? yakin Sop itu kawan nt?
      wah kebetulan banget tuh..

      hahahaha
      iya ya…
      soalnya keduanya saling memojokkan anggota badan sih, jd sy tulis kojm saja :D

  2. Salam
    Wah foto yang terakhir bagus juga gak nge blur hasilnya, teknik foto KOJOM nya canggih ya, ato kameranya yang bagus, hehe..

    yg lagi tidur ko disebut KOJOM juga?

    • @Maminx: wah, anggap saja beruntung
      pakainya kamera pocket biasa kok..
      cuman di-setting untuk gambar bergerak dan memanfaatkan momentum yg pas dg perkiraan, karena waktu itu sy motretnya dr dalam angkot. :D

  3. Yang terakhir itu namanya nyendok ^^ hahahahahahha

    • @Cempaka: nyendok??
      kok bisa nyendok sih??

  4. unik unik. lucu jg yah foto candid gitu. hehehe

    • @JAsmine: hmmmm kpn2 mau jd korban foto candidnya?? :D

      • kalo foto candid yg aneh2 sih ga mauuuu
        hahaha

      • @JAMSINE: lha maunya yg gimana???

  5. Keinget masa muda lalu. Waktu langganan ngeroom di Jogja :D

    • @Ida: weh..
      ternyata dah lama kenal internet to???
      soalnya kenal MIRC awal2 itu pd jaman kelas 3 smp aq

      11 thun lampau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 90 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: