Sate Jamu, Masakan Haram Khas Solo


Sate Jamu

Sate Jamu Warung Pemuda di Jalan Pemuda Solo

Orang Solo konon memang terkenal dengan yang namanya kuliner. Tak salah orang Solo sering disebut sebagai orang yang suka “keplek ilat” (baca: Goyang Lidah). Dalam soal kreativitas menciptakan makanan atau minuman, memang orang Solo cukup dinilai kreatif. Tak salah jika pemerintah kota Solo membuatkan “lokalisasi” bagi para penjual makanan-minuman yang terkenal dengan GALABO.

Diantara sekian banyak tempat wisata kuliner yang terkenal di Solo, ada sebuah masakan yang dicitrakan berasal dari Solo. Sebut saja namanya masakan SATE JAMU alias SENGSU. Warung sate jamu yang cukup dikenal dan pernah menjadi trend setter di Solo antara lain adalah Sate Komplang dan Warung Pemuda yang terletak di dekat kawasan Manahan-Solo.

Jangan sampai salah dengan nama yang terlihat biasa di telinga anda, SATE JAMU. Sate Jamu sebenarnya adalah sebuah sebutan untuk menu-menu aneka masakan berbahan daging ASU alias ANJING alias HUG HUG. Oleh karena itu sering disebut juga dengan SENGSU, yang merupakan akronim dari TONGSENG ASU


Plesetan HUGOS Cafe Menjadi SATE HUG JOS ala Warung Pemuda (source: www.baltyra.com)

Plesetan dari HUGOS CAFE Menjadi SATE HUG JOS (source: http://www.baltyra.com)

Makanan ini konon telah dikenal sejak lama, sejak tahun 1970-an. Disebut sebagai Sate Jamu dikarenakan daging Anjing yang disate itu memiliki nilai “gizi” sebagai jamu atau obat kuat. Dan agar menjadi “jamu” bagi si pengonsumsinya, daging anjing yang dijadikan sebagai bahan menu-menu masakan ini tidak disembelih. Anjing-anjing itu dibunuh dengan cara yang sadis bagaimanapun caranya agar darahnya tetap ada di dalam Anjingnya. Beberapa metode yang dipakai bisa dengan memukul anjing sampai mati, menenggelamkan anjing di dalam kolam air, atau dicekik dengan bantuan tali. Konon, darah yang tidak terbuang itu menambah selera dan “vitalitas” stamina pengonsumsinya. Weleh-weleh.

Kreativitas Penjual: KAWI USA = IWAK ASU (bc: Daging Anjing); Dibaca Dari Belakang; (Source: Baltyra.com)

Kreativitas Penjual: KAWI USA = IWAK ASU (bc: Daging Anjing); Dibaca Dari Belakang; (Source: Baltyra.com)

So, bagi anda yang muslim yang meyakini bahwa Anjing adalah binatang yang haram dikonsumsi, maka jangan coba-coba untuk datang dan memesan Sate Jamu. Kecuali jika anda menganggap daging Anjing adalah halal untuk dikonsumsi. Apa ada yang berpendapat seperti ini? Jawabnya ada. Di Solo, menurut ceritera orang-orang tua dan orang tuaku juga, ada sebuah komunitas pengajian dakwah di Solo -yang memiliki jamaah yang sangat banyak- yang memfatwakan HALAL-nya Anjing untuk dipelihara dan dikonsumsi. Fatwa itu sepertinya muncul seiring dengan populernya masakan Sate Jamu itu di Solo pada tahun 1970-an. Lembaga dakwah yang memfatwakan Halal-nya anjing itu dulu sering mengadakan pengajian di kawasan Darpoyudan-Kemlayan Solo dan berpusat di kawasan Semanggi Pasarkliwon. Namun, beberapa waktu lalu, pimpinan yang sekarang lembaga dakwah yang bersangkutan itu menyatakan dalam pidato yang disiarkan melalui radionya menolak fatwa itu. Ia ini menyatakan bahwa Anjing tetaplah haram.

Begitulah kisah Sate Jamu yang melegenda di Solo. :)

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

Jangan sampai salah dengan nama yang terlihat biasa di telinga anda, SATE JAMU. Sate Jamu sebenarnya adalah sebuah sebutan untuk menu-menu aneka masakan berbahan daging ASU alias ANJING anlias HUG HUG. Oleh karena itu sering disebut juga dengan SENGSU, yang merupakan akronim dari TONGSENG ASU.

About these ads

27 Tanggapan

  1. he he di solo

    jauh dari surabaya

    tapi klo sampai di sana, kayanya saya engga’ dech makan SATE JAMU :D

    salam kenal

    • ya kalo makan silakan-silakan saja
      saya khan sudah mengingatkan :D

      salam balik juga

    • Yang halal masih banyak….

  2. Saya heran, koq bisa2nya makanan ini dijual di JaTeng, ya? Asal-usulnya gimana, sih? Kalo dijualnya di Papua, Bali, Tana Toraja, Manado, Siborongborong, gak heran saya.

    • @rudi: hmm,, ya bisa aja lah bang…
      asal-usulnya kagak ngerti

      tp itu makanan khan udah sejak lama adanya di Solo. jaman revolusi.
      Dan Solo suka tidak suka, mau tidak mau dulunya adalah basis massa terbesar PKI
      paradigma yg dipersepsikan terhadap simpatisan PKI adalah anti agama dan suka makan anjing itu
      wallahu a’lam betul tidaknya

      krn ada seorang kyai di kauman namun dikenal sbg tokoh PKI
      kakak simbahku pun dulu pernah dianggap sedikit PKI krn aktivitasnya yg agak sosialis

    • Lha enak oq mas,

      • Mas Rudi Ibrahim,, lha memangnya kalau d Jateng lantas tidak boleh menjual makanan seperti itu ya mas?? di Jateng itu Bhineka Tunggal Ika,,ada banyak suku, etnis, dan Agama.
        terima kasih

  3. Ngerti Kejawen mas????
    itulah asalmulanya..
    dari kerajaan Majapahit

    • @Kayumas: tahu…
      asalmulanya gimana?? nyambungnya drmn??
      kok aku malah br tahu kalo Majapahit itu pernah eksis di Solo..
      dan gemar dg sate anjing…
      Dan kenapa adanya malah di Solo bukan di kediri (kalau ga salah) yg menjadi pusatnya Majapahit

  4. Sate jamu…?
    Jadi kangen jalan2 ke solo lagi nih… (dah lama gak ke solo)
    Soalnya istri orang solo….
    Unik buat tanah jawa…. biasanya makanan berbahan ini banyak di daerah bali, sulawesi, nusa tenggara, papua.

    • memangnya kenapa kalao di solo kan gak apa2, kagak usah berfikiran yang kaga2 dong, kalao memang mau makan sate jamu ya sdh silakan, gitu aja kok reppot…apalagi kalao sate babi tambah maknhyusss… coaba aja deh mencicipi untuk yang suka ngomomng makanan haram, pasti ditanggung ketagihannnn

      • @Makanan_oke: nyoba sate babi?? na’udzubillah..
        ga bakalan sekalipun seumur hidup ini nyicipin dg sengaja makanan yg sampeyan sebutin itu.
        Haram tetaplah haram.

        kalau sampeyan ketagihan, ya sy nasehatkan saja agar bs berhenti ketagihan.amiin

    • @Sugi: kangen ke Solonya khan mas?
      bukan kangen Sengsu nya.. :D hehehehe

  5. Saya tidak makan anjing atau babi, daging paling lezat menurut saya ayam & kambing :9.

  6. Aku pingin cari rica rica nek solo kok tutup kabeh i, adakah yang punya jadwal buka warung Sate Guguk di solo?

    • warung sengsu buka tiap hari, jam 3 sore sampai jam 8 malem. warung warung yang terkenal lesatnya hanya buka sampai jam 6 sore, karena dagangan dah abis

  7. ini nih koment2 yang dah kblinger smua ampe majapahit,pki dan agama di bawa bawa…gak usah mikir yg jauh2 agan2 smua…kan jelas ada nama na tuh produk ada gambar na pula..ada plesetan na hug hug…tinggal di serahkan pada konsumen mau beli apa tidak!…bebas gak ada yg melarang..kalau gak ada nama na dan gak ada petunjuk gambar na nah itu baru sesat…haram di bilang halal..terserah orang masing2 koq …gitu aja koq repot!!!

  8. Anjing saya dan satu anjing tetangga dibunuh dgn racun. Ini di daerah Mojosongo, Solo. Ini sudah sering terjadi, warga bbrp kali memergoki tapi blm ada yang tertangkap. Fyi, tidak ada kasus rabies di tempat saya. Anjing saya adalah teman orang tua yang sudah pensiun, anjing satu lagi milik nenek tua yang sudah dipelihara puluhan tahun. Secara material dan imaterial sangat merugikan. Saya sudah buat laporan ke polisi, tapi tdk ditanggapi padahal menurut teman pengacara itu termasuk tindakan tidak menyenangkan atau pelanggaran property. Saya mengirim email ke salah satu LSM juga. Mohon infonya apa yang harus saya lakukan untuk stop aksi ini. Saya tidak terima anjing saya diperlakukan begitu. Bagi yang sering berburu anjing dengan cara sadis ini, saya beritahu bahwa anjing yang dipelihara di rumah itu sudah seperti anggota keluarga, disayang dan menunjukkan kasih sayang krn anjing itu hewan pintar.

    • kamu jangan sekali sekali menuduh orang isalm yaaa selidiki aja sendiri karena kota solo adlah juga kota gali

    • yah walau anggota keluarga kan rasanya enak…kamu juga kalo rasanya enak mungkin bisa disate

  9. apapun yang kamu untal apapun yang kamu badog,semua kembali ke kesehatan mu sendiri,carilah artikel mengenai kandungan yang ada dalam iwak kirik,,,yang jelas kamu akan di tanyai apa yang kamu makan di dunia di kuburan mu nanti..selamat belajar

  10. jaman meh kiamat :hadeeehhh

  11. asu mu jegog terus….yen nyokot opo cangkem mu gelem tanggung jawab?

  12. Cocok amc….ak dukung dikau…

  13. yang menganggap haram janganlah jadi sok pintar…
    perlu diketahui,yang haram,(menyakiti dan melukai hati,bikin emosi ) itu yang keluar dari mulut bukan yang masuk ke mulut.
    ini ngomongin masakan,jangan ngomongin agama…
    bijaksanalah dalam mengkonsumsi SENGSU,jangan berlebihan agar jiwa ragamu tetap sehat sehingga selalu mampu memberi manfaat bagi orang lain.. :)

  14. halah do cangkeman kabeh , sengsu kuwi enak banget

  15. bener mantap gan.sate kambing balap alias kambing kutho.mari ngono kelon.coba aja.ngopo mikir susah.kl yg merasa haram yo ojo mbadhog awak asu.cari yg halal saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 95 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: