Istilah-Istilah Komputer dan Internet Dalam Bahasa Indonesia


sumber: citrajourney

sumber: Citra Journey

Berikut ini adalah beberapa istilah-istilah komputer dan atau internet yang dibakukan sebagai istilah dalam bahasa Indonesia yang didasarkan pada Panduan Pembakuan Istilah Pelaksanaan Instruksi Presiden No. 2 Tahun 2001 tentang Penggunaan Komputer Dengan Aplikasi Komputer Berbahasa Indonesia.

  • attachment = lampiran
  • bandwidth = lebar pita
  • bookmarks = tandai
  • broadband = pita lebar, jalur lebar
  • browser = peramban, penjelajah
  • bulletin board = papan buletin
  • chat = obrol, obrolan, rumpi
  • crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
  • collission = tabrakan data
  • connection = sambungan
  • copy = salin, kopi, ganda
  • cut = potong
  • cyberspace = dunia maya
  • database = pangkalan data, basis data
  • delete/del = hapus
  • device = perangkat
  • domain = ranah
  • download = ambil data, unduh, muat turun
  • edit = sunting, ubah
  • e-mail = imel, ratel / surel / surat-e (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat digital
  • forward/fwd (e-mail) = terusan
  • homepage = laman
  • hosting = hosting
  • interferensi = gangguan signal (berkaitan dengan signal wireless)
  • install = instalasi pasang
  • interface = antarmuka
  • keyword = kata kunci
  • lag = lambat
  • link = taut, kait, pautan, pranala
  • load = muat
  • login / log in / log on / logon = log masuk, masuk log, lihat sign in
  • logout / log out / log off / logoff = log keluar, keluar log, lihat sign out
  • network = jaringan
  • newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
  • mailing list = milis, senarai, forum ratel
  • network = jaringan
  • networking = jejaring
  • off line = tidak terhubung, terputus, luring (luar jaringan)
  • online / on line = terhubung, tersambung, daring (dalam jaringan)
  • passphrase = frase sandi, kalimat sandi
  • password = kata sandi
  • paste = tempel, rekatkan
  • preview = pratonton, pratilik, pratayang
  • internet service provider = penyelenggara jasa internet
  • save = simpan
  • scan = pindai
  • setting = pengaturan
  • server = peladen
  • share / sharing = berbagi
  • sign in / signin / sign on = catat masuk, lihat login
  • sign out / sign off = catat keluar, lihat logout
  • surfing = berselancar, selancar maya
  • update = pemutakhiran, pembaruan
  • upload = unggah, muat naik
  • user = pengguna
  • username = nama pengguna
  • virtual reality = realitas maya
  • webpage = halaman web
  • website = situs web
  • wireless = nirkabel

Lebih lengkapnya lihat di sini (klik di sini) atau download aja di sini (klik di sini).

NB: PENTING !!!

Saat aku mencoba melihat situs pemerintah yang beralamat di www.indonesia.go.id, ternyata istilah-istilah yang ada di sana masih banyak menggunakan bahasa-bahasa asing dibanding dengan bahasa internet seperti: HOME, COPYRIGHT, ALL RIGHT RESERVED, UPDATE, VISITORS, EMAIL, ATTACHMENT, BROWSE, dll. So, gimana dong??? Paradoks kah?? Guru kencing berdiri, maka wajar jika murid-murid kencing berlari-lari; dan jika guru kencing berlari-lari, maka jangan salahkan murid jika lari terkencing-kencing. :D LoL.

(ahmed fikreatif)

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

About these ads

15 Tanggapan

  1. numpang lewat dari Blogger tetangga….. :grin:

  2. Wah bagus ni buat referensi buat saya yg masih awam soal bahasa. Hosting jadi tetep hosting ya, bukan tempat tumpang? hehe. Artikel yg bagus kang.
    Saya pasang linknya ya biar gampang balik lagi :)

  3. wow !! keren euyy,..tapi arti domain = ranah jadi bingung ?

  4. @Rheeantz: monggo silakan lewat saja. wakakaka

    @ Darin: Kok bisa tempat tumpang to??? *mikir
    Wah, boleh dan makasih atas linknya..
    ntar link jenengan sy pasang juga; tulung diingatkan

    @A.J.I: aku sendiri juga banyak yg ngerasa aneh dan bingung. !! hehehhehe; dan lebih suka pakai istilah aslinya..

  5. Selamat siang!
    Salam sejahtera selalu buat Anda!
    Hidup adalah perjuangan.
    Perjuangan harus disertai pengorbanan dan pengorbanan tdk hanya harta tetapi hal yg maya seperti waktu, kita juga harus meluangkan waktu untuk sekedar silaturahmi seperti ini. Jadi luangkanlah sedikit waktu untuk saling kunjung.
    Sebuah renungan dari BULENTIN
    Salam hangat untuk Anda dari
    “CARISSHA”
    selamat berakhir pekan bersama keluarga dan orang2 terkasih disekeling Anda!

  6. wah, nice inpo nih. makasih


    Ahmed:

    sama-sama om

  7. Waaa…situsnya bagus!
    Untung ada yang posting hal ky gini.
    Biasanya emang dianggap remeh, sih..padahal kalo: ‘Log-In’ digabung sama ‘Selamat Datang’ kan jadinya gak konsisten.
    Makasih banget udah posting!
    Keep on that good work!
    b>///<d

    • @Magnolia: iya tuh

      di web nya menkominfo saja ga jelas…

      huft

  8. aq mw tw donk penjelasan nya n tpi bguz koq isinya

    • @wista: penjelasan apanya???

  9. kalo yang nama hardwarenya tau gag??? aku ada tugar nneehh

  10. ane kra istilah2 kmpter kya vga itu apa? Rpm?

  11. Wah bagus ni buat saya tu bermanfaat..thank ya informasinya…
    boleh dong mampir ke website kami juga di http://candra.unsri.ac.id/ sebagai referensi buat saya yg masih awam soal bahasa. Hosting jadi tetep hosting ya, bukan tempat tumpang? hehe. Artikel yg bagus kang.

  12. alhamdulillah bertambah pengetahuan saya membaca postingan ini,, Terimakasih atas share di sini. semoga bermanfaat bagi kita semuanya. slm kenal

  13. lumayan………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 87 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: